Cari Modal Usaha Gratis? Ini Sumber & Tips Mendapatkannya

by Ihsan
Cari Modal Usaha Gratis? Ini Sumber & Tips Mendapatkannya

Lagi cari modal usaha gratis? Tenang, tersedia banyak sumber. Mulai dana hibah hingga program pemerintah, semuanya ada.

Untuk mengambil sebuah peluang usaha, para pelaku bisnis memerlukan modal. Sekecil apapun usahanya, jelas butuh modal. Bahkan, usaha dropshipper yang diklaim bisa dijalankan tanpa modal pun faktanya juga butuh meski memang sangat sedikit.

Apalagi jika pilihannya adalah usaha jualan barang. Tentu modalnya akan jauh lebih besar karena perlu mendatangkan produk secara langsung.

Lain halnya dengan usaha di bidang jasa yang memang lebih fokus pada ketrampilan sang pemilik. Kebutuhan modal dalam bentuk uangnya relatif lebih kecil.

Sekecil atau sebesar apapun modal yang dibutuhkan, tentu harus ada sumber keuangan usaha yang jelas agar bisnis benar-benar bisa dikembangkan.

Untuk itu, kami akan membahas beberapa pintu rezeki yang dapat dibuka untuk memperoleh modal usaha tersebut.

9 Sumber modal usaha gratis

Modal bisa dicari dari perorangan, swasta, hingga pemerintah. Namun, yang perlu diingat adalah bahwa setiap pencairan dana ada syarat pengajuannya. Kenali satu per satu lewat ulasan di bawah ini:

Sumber modal usaha gratis

Cari pinjaman tanpa jaminan dengan bunga rendah

Saat pertama kali ingin membuka usaha sampingan dan mau mencari modal usaha, yang terlintas di pikiran sebagian besar orang adalah meminjam uang di bank.

Hal ini tak sepenuhnya salah, tak sepenuhnya benar. Sebab bila bank yang dipilih tidak tepat, contohnya pinjaman online dengan bunga mencekik, maka peminjaman uang bisa berujung petaka.

Bank yang harus dipilih oleh wirausaha pemula adalah yang mau memberikan bunga rendah tanpa jaminan. Kami merekomendasikan perbankan yang menyediakan KUR atau kredit usaha rakyat.

KUR adalah program dari pemerintah untuk para pelaku UMKM yang ingin meminjam uang dengan bunga yang sangat rendah. Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha KUR dari BUMN dan perbankan di Indonesia lainnya, contohnya BRI dan bank Mandiri.

Persyaratan pengajuan KUR biasanya adalah kartu identitas diri, KK, surat keterangan usaha (SKU), rekening koran 6 bulan terakhir, dll.

Umumnya, ada syarat tambahan berupa periode usahanya sudah harus berjalan minimal 2 tahun.

Dalam kurun waktu ini biasanya bisa dicek apakah usahanya sudah stabil atau belum. Juga dapat dinilai apakah sang pemilik bisa mengatur keuangan dengan baik atau tidak. Sebagai bukti, Anda mungkin akan dimintai catatan pembukuan toko.

Tapi syarat ini tidak perlu terlalu dipusingkan, cukup disediakan saja apa yang diperlukan. Karena pihak banklah yang nanti akan menyurvei, melakukan penilaian, dan analisa usaha. Ajukan saja dulu siapa tahu bisa disetujui.

2 Program dan contoh website bantuan modal pemerintah

Ada banyak sekali program modal usaha gratis dari pemerintah. Program-program ini disalurkan melalui kementerian atau lembaga pemerintah, contohnya:

BEKRAF

Ini adalah salah satu lembaga yang bergerak di bidang ekonomi kreatif. Jadi, jika bisnis yang sedang Anda jalankan bergerak di bidang yang sama, maka silakan lakukan pengajuan modal gratis di sini.

Penyaluran dananya memakai skema BIP atau Bantuan Insentif Pemerintah. Jadi, nantinya modal akan disalurkan melalui skema pemberian bantuan yang sifatnya non perbankan.

Biasanya sistemnya adalah seperti penambahan modal atau investasi. Silakan kunjungi website-nya langsung di bekraf.go.id.

Kementerian UKM dan Koperasi

Selain dalam bentuk usaha kreatif, pemerintah juga mengeluarkan program peminjaman dana untuk UKM Indonesia yang menjalankan usaha kecil. Modal ini bisa didapatkan langsung dari kementerian koperasi dan UKM.

Secara khusus, program pembiayaan ini ditangani oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir atau LPDB. Para pelaku UMKM perlu mengajukan proposal usaha untuk mendapatkan pinjaman dana ini.

Nantinya, proposal yang masuk akan diseleksi dan bagi pelaku usaha yang lolos verifikasi akan berkesempatan untuk mendapatkan modal senilai 25 juta rupiah.

Tentu bantuan modal usaha dari pemerintah ini akan sangat membantu pengembangan usaha ke depan. Tak heran jika banyak orang yang mengincarnya.

Dapatkan informasi lebih detail dengan membuka website pembiayaan.depkop.go.id.

Program crownfunding

Apakah Anda pernah mendengar istilah crownfunding? Jika belum, crownfunding adalah metode pendanaan yang melibatkan masyarakat luas.

Salah satu contoh website crownfunding yang cukup terkenal di Indonesia adalah kitabisa.com. Selain situs ini, ada situs gandengtangan.com dan wujudkan.com.

Jika dipantau secara langsung di situs tersebut, maka Anda akan menemukan banyak sekali open donasi atau galang dana untuk orang-orang yang membutuhkan.

Bahkan, kadang link atau tautan donasinya dibagikan di media sosial. Salah satunya adalah instagram.

Anda bisa melakukan crowdfunding untuk cari modal usaha gratis melalui situs-situs khusus pendanaan bisnis bersama. Metodenya bisa pure pendanaan murni dengan konversi saham, ataupun pendanaan berupa pinjaman.

Hibah dana usaha dari BUMN

Setiap perusahaan biasanya memiliki program khusus untuk membantu lingkungan. Nah, salah satu program BUMN yang tujuannya untuk mengembangkan lingkungan adalah menyalurkan dana dalam wujud Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PKBL.

Hibah dana usaha dari bumn

Penyaluran dana lewat program Bina Lingkungan biasanya berupa dana hibah. Sementara dana yang dikeluarkan lewat program kemitraan sistemnya bukan hibah (pinjaman).

PKBL ini bisa memberikan bantuan maksimal Rp 200 juta. Mekanisme penyaluran dana berbeda, baik untuk hibah maupun non hibah.

Bila Anda ingin memperoleh dana hibah dari BUMN, maka mekanismenya adalah mengajukan proposal ke BUMN pembina. Selanjutnya akan ada survei dari pihak BUMN apakah nantinya akan ditolak atau disetujui.

Mencari bantuan uang cuma-cuma dari investor atau partnership

Anda bisa cari modal usaha gratis lewat teman atau investor. Sistemnya, ajukan proposal untuk membiayai bisnis yang sedang Anda jalankan sekarang kepada teman, sahabat, atau orang lain yang potensial.

Tawarkan pada mereka mengenai timbal balik jika mau berinvestasi pada bisnis yang Anda jalankan saat ini. Tawarkan untuk menjadi investor atau kembangkan sistem partnership.

Pinjam dana ke teman atau keluarga

Teman atau sahabat dan keluarga adalah orang yang paling dekat dengan kita. Jangan ragu untuk meminta bantuan berupa pinjaman uang bilamana memang Anda memerlukannya.

Menjual barang bekas yang masih layak pakai

Hampir semua orang memiliki barang bekas yang masih layak pakai di rumah. Barang-barang seperti laptop bekas, HP bekas, sepeda motor bekas, atau semacamnya bisa dijual di OLX. Hasil uangnya dapat dipakai untuk membuka bisnis baru yang menguntungkan.

Jika Anda belum punya akun di OLX, silakan daftar akun OLX dulu lalu mulailah memasang iklan baris untuk benda-benda bekas yang dijual.

Menabung sendiri atau mengikuti arisan

Sumber modal gratis berikutnya adalah diri sendiri. Ini merupakan sumber dana yang paling logis dan bisa diperjuangkan sendiri.

Anda bisa mengumpulkan uang sampai batas minimal modal terkumpul. Bila sudah terkumpul, silakan kembangkan usaha dengan modal yang ada secara telaten agar makin besar.

Bila mengumpulkan uang sendiri dirasa sulit, cobalah ikut arisan. Ini adalah cara menabung yang cukup mudah tapi menguntungkan karena pada saat memperolah dana arisannya Anda bisa langsung memulai atau mengembangkan usaha yang sudah ada.

Tips sukses cari modal usaha gratis

Cari modal usaha gratis memang butuh perjuangan, jadi silakan ikuti tips di bawah ini agar prosesnya bisa membahagiakan:

Tips sukses cari modal usaha gratis

  1. Lengkapi data bisnis Anda seperti pembukuan dan surat keterangan usaha. Dokumen ini amat sangat penting untuk pengajuan. Baik ke perbankan maupun ke perorangan.
  2. Belajarlah membuat proposal yang bagus dan bermanfaat buat orang lain.
  3. Yakin dan percaya diri.
  4. Ikut pelatihan usaha.
  5. Mau berjuang secara telaten.
  6. Tahan banting dalam mencari tambahan modal. Mau mencoba lagi dan lagi.

Selain tips di atas, Anda juga harus berdoa agar proses cari modal usaha gratis berhasil. Sebab hasil akhir pengajuan disetujui atau tidak itu tergantung pada keberuntungan. Lakukan dengan semangat demi memperbaiki ekonomi rumah tangga.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: