Lebih Menguntungkan Investasi Emas Batangan Atau Perhiasan? Simak Ulasan Lengkapnya, Agar Tidak Salah Pilih.

by Ruli Setiawan

Investasi Emas Batangan—Masih ingat dengan quote “ Emas tidak akan membuatmu kaya, tapi emas akan mempertahankan kekayaanmu” ? kata mutiara ini seolah menjadi dasar pemikiran bagi banyak orang untuk memutuskan investasi emas.

Selain tahan terhadap inflasi, emas merupakan investasi yang sangat likuid banget. Saat ada keperluan dana mendesak, emas tidak perlu waktu lama untuk di rubah menjadi uang cash. Berbeda dengan investasi dalam bentuk tanah, yang lebih sering membutuhkan waktu lumayan panjang untuk bisa di tukar menjadi uang cash.investasi emas batangan

Tapi investasi emas apa yang paling menguntungkan? Apakah emas batangan atau emas perhiasan? Nah, kali ini coba kita bahas yah, dari dua pilihan investasi tersebut, mana yang paling menguntungkan. Simak artikelnya sampai selesai.

Apakah Investasi Emas Batangan Menguntungkan?

Seperti yang sudah dikupas di artikel sebelumnya 5 cara investasi emas yang menguntungkan bagi pemula. Agar investasi kita benar-benar akan memberikan keuntungan di masa depan, maka kita perlu menetapkan tujuannya sejak awal. Sebab kedua cara atau pilihan investasi emas antara investasi emas batangan atau perhiasan sama-sama akan memberikan keuntungan. Namun, tidak sama besarnya, karena kadar karat keduanya berbeda, sehingga harga di kemudian hari juga akan berbeda.

Sering kali emas perhiasan kadar karatnya lebih rendah dibandingkan dengan emas batangan, sehingga harganya tidak bisa terjaga dengan baik. Maka jika kamu sejak awal telah menetapkan tujuan beli logam mulia adalah untuk investasi, maka sebaiknya kamu beli emas batangan.

Sebab, sejak awal kadar karat emas batangan sudah pasti 24 karat dan kemurniannya juga terjaga. Sehingga harga emas batangan dikemudian hari juga sangat terjaga. Inilah yang menjadikan emas batang menjadi pilihan tepat untuk investasi emas, baik bagi pemula ataupun yang sudah terbiasa.

Jadi investasi emas batangan sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan emas perhiasan, sebab tidak ada biaya pembuatan saat ingin di jual kembali.

Bagaimana cara membeli emas batangan?

Lalu, jika tertarik untuk investasi emas batangan, bagaimana cara membeli emas batangan dan dimana kita bisa membelinya? Untuk beli emas batangan, saat ini sudah cukup mudah, bisa dengan cara online maupun offline.

Sudah ada lembaga atau institusi yang cukup mudah di jangkau jika kita hendak beli offline. Misal di Pegadaian, di kantor bank syariah atau langsung dating ke butik logam mulia milik ANTAM. Untuk belie mas batangan secara online produk ANTAM kamu bisa langsung kunjungi web sitenya di halaman https://www.logammulia.com/id, silahkan daftar untuk membuat akun, karena untuk bisa belanja di web site tersebut kamu harus punya akun terlbih dahulu.

Kedua, kamu bisa beli melalui Pegadaian yang juga bisa dilakukan secara offline dan online. Namun kalo kami memilih untuk beli secara offline. Karena Pegadaian sudah cukup banyak memiliki kantor cabang atau gerai emas tempat penjualan atau pembelian emas batangan.

Ketiga, beli emas batangan melalui Bank Syariah Mandiri. Sama halnya kalo belie mas di Pegadaian, sebaiknya kamu dating langsung ke kantor Bank Syariah Mandiri untuk membeli emas batangan. Selain menjaga kemanan, dengan melihat langusng produknya, kamu bisa melakukan pengecekan emas yang hendak kamu beli. Pastikan jangan ada cacat pada produk yang kamu beli, agar dikemudian hari saat mau dijual kembali tidak ada kendala.

Dimana menyimpan emas batangan?

Nah, selanjutnya setelah kamu berhasil membeli emas batangan pertama kamu, tentu kamu bertanya bagaimana menyimpas emas batangan agar tetap aman. Untuk awal disaat emas yang dibeli belum besar, kamu bisa menyimpan emas kamu di lemari yang tersedia di rumah. Belum perlu untuk membeli brankas yang mahal atau besar.

Namun, jika memang emas yang kamu punya sudah cukup banyak, mungkin waktunya kamu untuk membeli brankas khusus untuk menyimpan emas kamu. Atau jika memang kuatir atas keamanannya kamu bisa menggunakan jasa brankas emas di lembaga yang menyediakan jasa tersebut. Misal di Pegadaian yang memiliki produk, tabungan emas.

Nah, silahkan kamu bawa emas kamu ke pegadaian dan lakukan tabungan emas di sana. Jika saatnya perlu untuk diambil, kamu juga bisa langsung ambil ke kantor Pegadaian terdekat. Dengan tabungan emas di Pegadaian, tidak saja menjamin keamanan emas kamu, tapi kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari emas yang kamu tabungkan.

Karena, saat kamu menabung emas di Pegadaian, emas kamu akan dijual oleh Pegadaian kepada nasabah lain. Tapi tidak usah kuatir, emas kamu akan di ganti persis sama dengan emas kamu. Minimal berat dan kadarnya yang di jamin kesamaannya.

Nah, setelah membaca beberapa penjelasan diatas kesimpulannya akan sangat menguntungkan ketika kita investasi emas batangan dibandingkan dengan emas perhiasan. Selanjutnya menjadi pilihanmu pilih investasi emas batangan atau emas perhiasan? Salam investasi, semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: