4 Cara Mengaktifkan Internet Banking Mandiri Dari Rumah

by -32 views

Cara mengaktifkan internet banking Mandiri sangatlah mudah, kamu bahkan tidak perlu membuang waktu dan energimu untuk datang ke kantor cabang Bank Mandiri. Pada zaman dahulu sebelum mengenal sistem perbankan, orang-orang menyimpan uang di tempat-tempat tersembunyi. Tetapi sistem penyimpanan tersebut tidak efektif akibat banyak faktor seperti media penyimpanan yang mudah rusak dan yang lainnya. Kemudian setelah sistem perbankan ditemukan, orang-orang mulai menabung di bank.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, sistem keuangan di masyarakat juga berkembang. Salah satunya adalah lahirnya online banking atau internet banking. Internet banking memungkinkan kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja melalui jaringan internet. Tentu saja inovasi ini disambut baik oleh dunia perbankan, tidak terkecuali Bank Mandiri sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. Bahkan sekarang kamu bisa mengaktifkan internet banking Mandiri secara online.

Apa Saja yang Dapat Dilakukan Melalui Internet Banking Mandiri?apa saja yang dapat dilakukan melalui internet banking mandiri

Cara mengaktifkan internet banking Mandiri dapat kamu lakukan hanya menggunakan ponsel saja. Pada saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, tentu kita harus membatasi bertemu atau berinteraksi dengan orang lain. Sehingga kemudahan daftar internet banking Mandiri via online sangat memudahkan masyarakat. Tapi sebelum membahas tentang cara daftar internet banking Mandiri. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan melalui internet banking Mandiri yang perlu kamu ketahui:

  1. Transfer

Keuntungan pertama jika kamu melakukan pendaftaran internet banking Mandiri adalah kamu bisa melakukan transfer uang kapan saja dan dimana saja. Bukan hanya antar nasabah Bank Mandiri saja, tetapi kamu bisa melakukan transfer antar Bank dengan mudah dan cepat. Kamu juga tidak perlu mengingat kode bank lagi, karena telah tersedia daftar bank pada menu pembayaran antar bank.

  1. Pembelian dan Pembayaran

Listrik terputus akibat lupa beli token? Hal ini tidak akan pernah terjadi lagi jika kamu melakukan pembayaran melalui internet banking Mandiri. Selain token PLN, kamu juga bisa melakukan pembelian ataupun pembayaran seperti beli pulsa, bayar tagihan, pembayaran e-commerce maupun kartu kredit secara real time.

  1. Top-Up

Kemudahan lain jika menggunakan Mandiri internet banking dan aktivasi sekarang juga adalah kamu bisa melakukan top-up dengan cepat dan mudah. Kamu bisa top-up aplikasi pembayaran digital seperti Mandiri e-money, LinkAja, Go-Pay, OVO, M-Tix, DANA dan yang lainnya secara cepat.

  1. Cek Saldo

Jika kamu memiliki akun Mandiri internet banking yang sudah terdaftar, maka kamu bisa melakukan cek saldo rekening kapan saja dan dimana saja. Kamu tidak perlu lagi membawa buku tabungan dan datang ke kantor Bank Mandiri hanya untuk mengetahui saldo terakhir. Tentunya hal ini memudahkanmu dalam mengatur segala urusan perbankan seperti tabungan, deposito dan kartu kredit.

  1. Mutasi Rekening

Cara internet banking Mandiri menampilkan histori transaksi secara lengkap yaitu di menu mutasi rekening atau histori transaksi. Kamu lebih bisa mengontrol pengeluaranmu atau mengingat apa saja yang sudah kamu beli dalam satu bulan. Sehingga tidak akan terjadi lagi saldo tabungan yang limit atau bahkan devisit.

  1. Membuka Deposito dan Tabungan

Jika kamu telah mengetahui cara membuat e banking Mandiri dan berhasil diaktivasi. Maka kamu sudah bisa membuka deposito atau tabungan secara online. Untuk dokumen persyaratan membuka tabungan atau deposito masih sama, hanya saja semua langkah atau tahapannya dapat kamu lakukan secara online.

Sistem internet banking Mandiri sudah terjamin kemanannya dengan sistem keamanan berlapis. Mandiri Online telah menggunakan 2FA atau 2-Factor Authentication dan biometric login untuk kemudahan logic secarar cepat. Serta kamu bisa mengakses website maupun aplikasi Mandiri Online dengan mudah hanya menggunakan satu aplikasi saja.

Baca juga : Cara Transfer SMS Banking BRI: Aktivasi dan Biaya Proses

Bagaimana Cara Mengaktifkan Internet Banking Mandiri?bagaimana cara mengaktifkan internet banking mandiri

Sudah lama antri tetapi tidak dapat aktivasi akun internet banking karena kendala teknis? Atau kamu lupa membawa semua berkas sehingga harus mengulang antri dari awal? Hal ini tidak akan terjadi jika kamu tahu cara mengaktifkan internet banking Mandiri secara online. Lalu bagaimana cara daftar banking Mandiri dan apa saja dokumen persyaratannya? Berikut langkah mudah cara daftar internet banking Mandiri lewat internet:

  1. Memastikan seluruh integrasi data

Untuk memastikan cara aktivasi internet banking Mandiri berhasil, kamu perlu memastikan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, pastikan bahwa kamu telah terdaftar sebagai salah satu nasabah Bank Mandiri dan memiliki kartu debit mandiri. Pastikan juga kamu telah terdaftar dan mengaktifkan fitur SMS Finansial dan memiliki MPIN. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi, maka kamu tidak dapat melakukan cara mengaktifkan e banking Mandiri dan harus membuka tabungan Mandiri secara online melalui join.bankmandiri.co.id.

  1. Memenuhi semua persyaratan

Setelah memastikan seluruh data, kamu juga harus memastikan telah memenuhi seluruh persyaratan seperti nomor dan perangkat ponsel milikmu. Cara daftar i-banking Mandiri dapat dilakukan jika kamu menggunakan operator Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren maupun Tri. Pastikan pula nomormu aktif dan terisi pulsa untuk memberikan SMS verifikasi. Kemudian pastikan bahwa ponsel yang kamu gunakan menggunakan android minimal lollipop 5.1 atau di atasnya dengan iOS versi 8 ke atas.

  1. Download aplikasi Mandiri Online

Cara daftar Mandiri internet banking dapat dilakukan setelah kamu mendownload aplikasinya di Play Store maupun App Store. Aplikasi ini sangat ringan yaitu hanya berukuran 16 MB, sehingga tidak akan terlalu menguras memori handphonemu. Setelah berhasil download, selanjutnya adalah melakukan registrasi online.

  1. Melakukan registrasi online

Cara bikin internet banking Mandiri terakhir adalah melakukan registrasi secara online. Untuk melakukan registrasi, kamu perlu mengikuti cara aktivasi e banking Mandiri berikut ini:

  • Mengisi data diri mandiri kartu debit seperti nomor kartu, expiry date dan tanggal lahir
  • Cara buat internet banking Mandiri kedua adalah verifikasi ponsel melalui SMS
  • Buat user ID dan password yang unik, kamu juga perlu memasukkan konfirmasi password untuk memastikan password benar
  • Lengkapi data tambahan seperti gambar profil dan alamat email aktif dan pilih “Buat Akun”
  • Masukkan MPIN (PIN SMS Banking) yang kamu miliki dan telah teraktivasi

Jika berhasil, maka kamu telah menyelesaikan rangkaian cara daftar dan registrasi Mandiri internet banking.

Cara buat e banking Mandiri untuk mendapatkan akun dapat dilakukan sekali. Tetapi akun ini dapat kamu gunakan untuk login melalui aplikasi ataupun website Mandiri Online sekaligus. Untuk mengakses akun melalui website, caranya adalah dengan pergi ke alamat https://www.bankmandiri.co.id/ lalu pilih login di menu “Mandiri Online Personal”.

 

Setelah memiliki akun internet banking dengan cara daftar internet banking Bank Mandiri yang telah dijelaskan di atas. Kamu sudah bisa menikmati segala kemudahan dan keunggulan dari internet banking Mandiri. Jadi, catat baik-baik cara mengaktifkan internet banking Mandiri secara online agar tidak lupa.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *