Solusi Mengatasi Sinyal XL Lemot dan Alasan XL Lemot

by -15 views

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan tentang jaringan XL lemot. Tentunya hal ini adalah permasalahan yang harus cepat diselesaikan oleh pihak XL Axiata. Karena jaringan yang cepat dan stabil merupakan suatu kewajiban. XL Axiata adalah salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1996. Hingga saat ini XL terus berkembang dan bahkan mengakuisisi Axis Telekom pada tahun 2013. XL memiliki dua produk GSM yaitu prabayar dan pasca bayar yaitu XL Prioritas. Selain itu XL juga memiliki layanan XL Home dan XL Enterprise untuk kelancaran berbisnis.

XL terus berusahan meningkatkan kualitas layanannya, termasuk memperluas dan memperkuat jaringan XL. Bahkan saat ini sudah ada jaringan XL 4.5 G yang lebih kuat dan stabil. Namun keluhan internet XL lemot terus saja berdatangan dari pelanggan XL terutama yang tinggal di daerah pedesaan.

4 Alasan Kenapa Jaringan XL Lemotalasan kenapa jaringan xl lemot

Jaringan XL yang lemot tentu akan merugikanmu. Kamu akan kesulitan untuk akses internet, telpon hingga SMS. Sehingga kamu akan merasa terisolasi dari dunia luar. Untuk itu kamu akan sangat memerlukan cara mempercepat sinyal XL agar masalah tersebut tidak terjadi. Tapi sebelum mencoba cara memperkuat sinyal XL dengan tepat, kamu harus tahu beberapa penyebab kenapa XL lemot berikut ini:

  1. Daerah Tidak Terjangakau Jaringan XL

Penyebab pertama sinyal XL yang lelet adalah jaringan 4G XL tidak menjangkau sampai ke daerahmu. Kamu bisa mengecek ketersediaan jaringan XL di daerahmu melalui website resmi XL. Tapi tenang, sekarang XL terus berusaha meningkatkan kualitas jaringannya. Bahkan sekarang kamu bisa menikmati jaringan XL 4.5 G di beberapa daerah tertentu dengan kualitas yang lebih baik.

  1. Ponsel Bekerja Terlalu Berat

Ponsel yang bekerja terlalu berat tidak hanya menyebabkan jaringan XL lemot, tetapi bisa menyebabkan kinerja ponsel secara keseluruhan melambat. Untuk menghindari hal tersebut kamu harus rajin-rajin menghapus chache pada ponsel baik itu history browser maupun chache aplikasi yang memberatkan kinerja ponsel.

  1. Salah Input Access Point Names

Jaringan XL tidak akan sampai ke ponselmu jika kamu menggunakan titik Access Point Names yang salah. Hal ini bisa menyebabkan kamu tidak bisa akses internet walaupun dalam jaringan 4G. Kamu bisa mengubah pengaturan APN di ponsel untuk mempercepat koneksi internet XL.

  1. Gangguan Teknis

Alasan lain internet XL lemot adalah akibat adanya gangguan teknis. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal misalnya sedang ada perbaikan atau perawatan, tower yang rusak akibat kondisi cuaca dan kendala teknis yang lainnya. Jika penyebab sinyal XL lelet akibat gangguan teknis, maka tidak ada cara yang bisa kamu lakukan selain menunggu hingga gangguan tersebut cepat diperbaiki.

Cara Mengatasi Jaringan XL Lemotcara mengatasi jaringan xl lemot

Setelah mengetahui alasan XL lemot, kamu bisa melakukan usaha preventif untuk menghindarinya. Tetapi jika sinyal atau jaringan XL tetap lelet, kamu bisa mecoba beberapa cara mempercepat jaringan XL berikut ini:

  1. Gunakan Airplane Mode

Airplane mode tidak hanya berfungsi saat hendak menggunakan pesawat. Tetepi airplane mode juga dapat digunakan untuk mempercepat koneksi XL. Hal ini karena setelah airplane mode, maka ponsel akan bekerja lebih keras untk mencari sinyal yang bagus. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan lalu nyalakan “Airplane Mode”. Tombol ini juga bisa langsung kamu temukan ketika scroll ke bawah di halaman awal. Tunggu beberapa saat untuk matikan mode pesawat.

  1. Ubah Pengaturan APN

Sudah menggunakan sinyal XL 4G tapi tetap lemot? Bisa jadi karena kamu salah menggunakan APN. APN atau Access Point Names adalah jaringan yang mengatur jalur konektivitas data seluler. Sehingga jika kamu salah memilih APN bisa menyebabkan jaringan XL lemot. Untuk mengubah APN bisa dilakukan di beberapa device seperti:

  • Android: APN ada di menu “Setting” kemudian pilih “Mobile Network”
  • iOS: Ubah pengaturan APN di iPhone dengan masuk ke “Pengaturan” atau “Setting”. Ubah APN di menu “Cellular Data Network”.
  • Blackberry: Pengguna Blackberry bisa mengakses menu APN di pengaturan lalu pilih “Network Connection” dan klik menu “Mobile Network”
  • Windows Phone: Pilih “Add APN” di menu “Cellular” pada pengaturan untuk mengubah Access Point Names.
  1. Restart Smartphone

Cara mempercepat koneksi XL yang lain adalah dengan memulai kembali smarphone. Karena bisa jadi sinyal XL yang lelet diakibatkan karena kerja ponsel yang terlalu berat. Sehingga langkan merestart ponsel bisa menutup aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan memberatkan kinerja ponsel.

  1. Pindahkan ke Device Lain

Jika beberapa cara mempercepat internet XL di atas belum berhasil, kamu bisa coba untuk memindahkan kartu XL ke perangkat lain. Karena bisa jadi bukan masalah di jaringannya, tetapi masalah pada ponsel yag menyebabkan sinyal XL lemot.

  1. Pindah Lokasi

Jika keempat langkah mempercepat internet XL sudah kamu lakukan tetapi tidak ada perubahan, cobalah untuk mengecek jangkauan sinyal XL. Kamu bisa mengecek jangkauan sinyal XL di daerahmu melalui situs https://www.xl.co.id/id/bantuan/akun/jangkauan-jaringan.

Baca juga : Cara Daftar Paket Internet Telkomsel Lengkap Dan Promo Paket

Cara Mempercepat Koneksi Internet XL Super Ngebut dengan Jaringan 4G

Kamu ingin mendapatkan pengalaman internet XL lebih cepat dan stabil tanpa harus mengalami XL lemot? Cobalah cara untuk upgrade kartu XL mu sekarang ke jaringan 4G XL. Tentu saja dengan jaringan 4G XL maka kecepatan koneksi internet akan lebih ngebut dan stabil. Kamu bisa upgrade kartu XL sendiri tanpa harus mengganti kartu. Caranya adalah dengan telpon *123*46# lalu pilih 1. Maka sekarang kamu bisa menikmati jaringan 4G tanpa perlu khawatir sinyal XL lemot. Jika kamu masih mengalami kendala untuk upgrade kartu XL sendiri, kamu bisa menghubungi layanan XL Care di nomor 817 atau email customerservice@xl.co.id.

Selain itu, cara mempercepat jaringan XL adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal 4G XL. Beberapa aplikasi penguat sinyal XL yaitu:

  1. Connection Stabilizer Booster

Aplikasi ini sangat ringan hanya berukuran 2.6 MB sehingga tidak akan memakan banyak memori di ponsel. Kamu bisa mempercepat sinyal hanya dengan mengaktifkan fitur tersebut di aplikasi.

  1. Network Signal Speed Booster

Jika kamu enggan mencari sinyal secara manual terus menerus, kamu bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal XL yaitu Network Signal Speed Booster. Aplikasi ini akan mencari tower terdekat yang memberikan sinyal lebih kuat secara otomatis.

  1. Signal Guard Pro

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini melindungi jaringan atau sinyal agar tidak terganggu. Sehingga ketika jaringan mulai lemot akibat gangguan, aplikasi akan otomatis mereset untuk menemukan sinyal terbaik.

  1. Net Optimizer

Aplikasi Net Optimizer bisa mempercepat jaringan Xl hanya dengan memilih menu “Activate”. Selain itu kamu bisa mengaktifkan fitur untuk terkoneksi dengan wifi secara otomatis. Aplikasi ini memiliki review yang cukup bagus yaitu 4.5/5.0 di Play Store.

  1. Booster and Cleaner

Selain mempercepat koneksi, aplikasi yang hanya 9.1 MB ini dapat membersihkan ponsel dari chache atau junk files yang tidak berguna.

 

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi sinyal XL lemot, karena ada banyak cara mempercepat koneksi XL yang bisa kamu coba.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *