7 Cara Menghilangkan Subtitle Bawaan Terbaru

by -9 views

Belum banyak orang yang tahu cara menghilangkan subtitle bawaan. Terkadang saat mendownload film, akan muncul subtitle bawaan yang mengganggu. Subtitle tersebut bisa saja dari bahasa lain yang tidak kamu butuhkan. Padahal subtitle bawaan bersifat permanen dan sudah menyatu dengan video atau film. Sehingga jika kamu menambahkan subtitle Bahasa Indonesia, maka subtitle akan bertumpuk dan tentu saja mengganggu keseruan saat menonton film. Untungnya sekarang kamu bisa menghilangkan subtitle bawaan dengan mudah melalui aplikasi atau tanpa aplikasi.

Kenali Jenis Subtitle Bawaan

Kamu harus tahu jenis subtitle bawaan terlebih dahulu sebelu menentukan cara menghilangkan subtitle bawaan yang tepat. Hal ini karena jenis subtitle yang berbeda memiliki perbedaan cara menghapus subtitle tersebut. Berikut beberapa jenis subtitle yang perlu kamu ketahui:

  1. Hardcoded subtitle

Hardcode subtitle dikenal pula dengan nama hardsub. Sesuai dengan namanya, subtitle bawaan satu ini cukup sulit untuk dihilangkan. Cara menghilangkan subtitle hardsub harus dilakukan dengan perangkat atau software tambahan. Hardsub sendiri merupakan subtitle yang sudah ter-embed atau menyatu dengan video. Sehingga tidak mudah menghilangkan hardsub begitu saja.

  1. Soft subtitle

Berbeda dengan hardsub, cara menghilangkan subtitle bawaan film softsub lebih mudah. Bahkan kamu bisa menghilangkannya hanya dengan mengubah pengaturan pada perangkat pemutar video atau film. Softsub adalah subtitle bawaan yang ada di dalam video tetapi dengan file yang terpisah. Sehingga untuk memasukkan subtitle bawaan ini harus dilakukan dengan cara manual.

Baca juga : 4 Cara Menghilangkan Tulisan Filmora Secara Permanen

Cara Menghapus Subtitle Bawaan Film MP4 Menggunakan Beberapa Aplikasicara menghapus subtitle bawaan film mp4 menggunakan beberapa aplikasi

Ada beberapa cara menghilangkan subtitle bawaan yang bisa kamu coba. Cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini dapat digunakan untuk menghilangkan hardsub MP4 maupun softsub. Berikut beberapa cara hapus subtitle bawaan:

  1. Cara Menghilangkan Subtitle Bawaan di GOM Player

GOM Player adalah salah satu aplikasi pemutar video yang sudah sangat familiar. Kamu bisa memutar video atau audio dengan berbagai macam format. GOM Player juga dapat memutar subtitle bawaan secara langsung. Cara menghilangkan subtitle cina di GOM Player sangat mudah. Cukup dengan menekan tomol Alt+H secara bersamaan ketika membuka aplikasi. Kemudian kamu bisa memilih tombol “On” atau “Off” untuk menghilangkan subtitle.

  1. Cara Menghilangkan Subtitle Bawaan Film di Android

Salah satu cara menghilangkan subtitle bawaah film MP4 di android adalah dengan MX Player. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memutar video dengan subtitle di android. Untuk menghilangkan subtitle bawaan melalui MX Player caranya adalah dengan memilih ikon kotak pesan di pojok kanan atas. Kamu bisa memunculkan atau menghilangkan subtitle dengan mencentang kolom “subtitle”.

  1. Cara Menghapus Subtitle Bawaan Film dengan Handbrake

Cara memisahkan subtitle dari video MP4 dapat dilakukan menggunakan software tambahan yaitu Handbrake. Caranya juga sangat mudah, cukup dengan mengimport video pada aplikasi Handbrake. Kemudian pilih menu “Sutitles” dan pilih “Clear”, selanjutnya simpan hasil video tanpa subtitle dengan mengklik menu “Browse” dan “Start Encode” untuk memulai prosesnya. Kamu hanya bisa menggunakan Handbrake di laptop/PC untuk menghilangkan softsub saja.

  1. Cara Menghapus Subtitle Bawaan MP4 Menggunakan Windows Media Player

Aplikasi bawaan Windows ini bisa digunakan untuk memutar video dengan berbagai macam format. Kamu bisa menghilangkan subtitle langsung dengan pengaturan di dalam aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Caranya adalah dengan klik kanan pada video yang tengah dibuka menggunakan Windows Media Player. Kamudian pilih menu “Play” kemudian cari menu “Lyrics”. Pilih “Turn off” untuk menghilangkan subtitle bawaan pada menu “Caption and Subtitles”.

  1. Cara Menghilangkan Subtitle Bawaan Film MP4 Melalui VLC

VLC Media Player dapat digunakan untuk memutar video maupun audio. Kamu juga bisa memutar video dan menambahakn subtitle melalui aplikasi ini. Untuk menghilangkan subtitle bawaan menggunakan VLC Media Player dapat dilakukan dengan mengubah pengaturan di menu “Tools” lalu pilih “Preference”. Centang kotak “All” di menu “Show Settings” untuk menampilkan semua pengaturan. Kemudian cari menu “Subtitles/OS” dan hilangkan tanda ceklis pada kotak “Autodetect subtitle files”, “Enable sub-pictures” dan “On Screen Display”. Selanjutnya simpan hasil video yang telah diedit.

Cara lain menghilangkan subtitle bawaan dengan mudah yaitu dengan membuka video menggunakan VLC kemudian klik kanan pada layar. Pilih “Subtitle” dan pilih “Trek Subtitle”, kamu bisa menghilangkan subtitle bawaan dengan mengklik tombol “Nonaktif”.

  1. Cara Menghapus Hardsub Film MP4 dengan MKVToolNIX GUI

Cara menghapus hardsub dapat dilakukan dengan software open source MKVToolNIX GUI. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis di internet. Cara menghapus subtitle bawaan hardsub menggunakan aplikasi ini yaitu dengan membuka MKVToolNIK GUI. Kemudian pilih “+Add source files” untuk membuka video yang ingin dihilangkan subtitlenya. Setelah terbuka, pilih menu “Tracks, chapter and tags” dan hilangkan tanda centang pada kotak subtitles di kolom “SubRip/SRT”. Setelah berhasil, kamu bisa menyimpan hasil editing dengan memilih “Destination file” lalu pilih “Start multiplexing” untuk memulai prosesnya.

  1. Cara Menghilangkan Hardsub MP4 dengan MKVMERGE GUI

Hampir sama dengan MKVToolNIK GUI, aplikasi MKMERGE GUI juga dapat digunakan untuk menghapus hardcoded subtitle. Caranya adalah dengan membuka video di aplikasi dengan memilih tombol “Add”. Kemudian hilangkan tanda centang pada kolom “Subtitle” dan pilih “Start Muxing” untuk memulai prosesnya. Kamu sudah bisa mendapatkan hasil video tanpa subtitle bawaan lagi.

Rekomendasi Situs Download Subtitle Terbaru 2020rekomendasi situs download subtitle terbaru 2020

Setelah mengetahui cara menghilangkan subtitle bawaan, tentunya kamu perlu download subtitle lain yang sesuai keinginan. Kamu bisa dengan mudah mendownload subtitle dengan berbagai macam bahasa di internet. Berikut beberapa situs yang menyediakan subtitle dalam berbagai bahasa:

  1. Island Fansubs

Island Fansubs adalah situs download subtitle yang dibuat dengan Bahasa Indoensia. Kamu bisa mencari subtitle untuk beragam video dan film terbaik. Namun serial khusus dari subtitle dalam situs ini yaitu untuk drama Korea dan serial Asia saja.

  1. iSubscene

iSubscene adalah salah satu situs download subtitle terbaik. Kamu bisa menemukan beragam subtitle untuk film-film terbaru dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris dan beragam bahasa lainnya.

  1. iSubtitle.org

iSubtitle.org menyediakan subtitle dalam berbagai bahasa untuk berbagai film mulai dari film barat, drama Korea hingga serial TV terbaru. Aplikasi ini sangat user-friendly, kamu bisa dengan mudah menemukan tools yang dibutuhkan.

  1. Podnapisi.NET

Apakah kamu sering hendak mendownload subtitle tetapi terganggu dengan banyaknya iklan? Beralihlah ke Podnapisi.NET. Situs download subtitle Indonesia ini menyediakan berbagai subtitle Indonesia untuk film-film seru dan tentunya bebas iklan.

  1. IDFL

IDFL adalah situs download subtitle yang sudah cukup popular. Kamu bisa mencari berbagai macam subtitle dengan beragam bahasa. Keunggulan lainnya adalah adanya forum diskusi untuk para pengguna IDFL sehingga kamu bisa update film atau serial TV.

 

Sekarang kamu bebas nonton video tanpa subtitle bawaan setelah mengetahui cara menghilangkan subtitle bawaan dengan mudah.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *