Cara Menghilangkan Subtitle Bawaan Film Terbaru 2021

by -10 views

Kebanyakan orang beranggapan bahwa subtittle bawaan film bersifat permanen atau telah menyatu dengan video sehingga tidak dapat dihilangkan. Hal itu akan mempersulit kamu ketika akan menambahkan subtittle Indonesia. Namun saat ini kamu tidak perlu khawatir karena terdapat cara menghilangkan subtitle bawaan yang dapat diterapkan dengan mudah.

Untuk menghapus hardsub, kamu dapat menggunakan aplikasi tambahan yang dapat dipasang di PC atau laptop. Agar kamu dapat menentukan metode paling tepat untuk menghapus subtittle, terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu seperti jenis subtittle yang terdapat pada video.

Kamu dapat menemukan semua cara yang paling tepat untuk menghilangkan subtittle pada artikel ini. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan cara menghilangkan subtitle permanen jika ingin menambahkan subtitle baru secara permanen pula. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa informasi berikut ini untuk dapat segera menghapus subtitle pada film atau vdieo.

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Subtitle pada Video?

bagaimana cara mengetahui jenis subtitle pada video

Sebelum kamu menghilangkan hardsub mp4, akan lebih baik jika kamu mengetahui jenis subtitlenya. Jenis subtitle juga akan menentukan cara yang tepat untuk menghapus subtitle pada video. Ada dua jenis subtitle yang perlu kamu ketahui yaitu:

  1. Soft Subtitle

Jika kamu menemui subtitle jenis ini, maka akan lebih mudah untuk dihilangkan. Biasanya kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk menghapus soft subtitle. Kamu dapat menghapus soft subtitle dengan mengubah pengaturan pada aplikasi yang digunakan untuk memutar video. Softsub biasanya adalah bawaan yang ada pada video dengan file terpisah. Hal itu juga membuat subtitle bawaan ini dapat dimasukan dalam video secara manual.

  1. Hardcoded Subtitle

Kamu tentu sering mendengar istilah hardsub bukan? Harcoded subtitle  memang biasa dikenal dengan istilah hardsub. Penamaannya juga sesuai dengan karakter dari subtitle yang lebih sulit untuk dihilangkan jika dibandingkan dengan soft subtitle. Cara menghapus hardsub dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Jenis subtitle ini biasanya saudah menyatu dengan video sehingga cara mengilangkannya pun berbeda dengan soft subtitle.

Baca juga : Cara Membuat Animasi di Adobe Flash CS6 dengan Mudah

Cara Menghilangkan Subtitle Bawaan pada Video paling Mudah dan Cepat

cara menghilangkan subtitle bawaan pada video paling mudah dan cepat

Jika kamu ingin memisahkan subtitle bawaan saat akan menonton film, maka kamu dapat memperhatikan beberapa cara menghapus subtitle bawaan berikut ini. Tentunya kamu dapat menghapusnya dengan salah satu cara yang paling mudah untuk kamu lakukan.

  1. Cara Menghilangkan Hardsub dengan MKVToolNIX GUI

Terdapat banyak aplikasi yang dapat diterapkan pada cara menghapus hardsub film mp4 salah satunya adalah MKVToolNIX GUI. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan modifikasi pada video seperti suara. Berikut cara menggunakan aplikasi MKVToolNIX GUI untuk menghilangkan hardsub.

  • Pertama install terlebih dahulu MKVToolNIX GUI. Kamu dapat mendownloadnya secara gratis.
  • Setelah MKVToolNIX GUI terpasang di perangkat kamu, maka jalankan aplikasinya.
  • Setlah itu, akan muncul halaman aplikasi. Ini saatnya kamu untuk membuka video yang ingin dihilangkan subtitlenya. Untuk melakukaknya, klik Add Source File dan cari filenya.
  • Jika sudah menemukan filenya maka buka file, dan akan muncul beberapa list. Hilangkan tanda centang pada kotak subtitle untuk menghilangkan subtitle.
  • Setelah itu, pilih menu Start Multiplexing untuk memulai proses menghilangkan subtitle.
  • Untuk menghilangkan subtitle pada video aplikasi MKVToolNIX GUI membutuhkan waktu beberapa menit.
  • Setelah proses selesai, maka kamu dapat menonton video tanpa subtitle atau menambahkan subtitle baru yang lebih sesuai.
  1. Cara Menghapus Subtitle Bawaan dengan GOM Player

Gom Player menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk menonton film atau video. Dengan user interface yang friendly, kamu dapat menonton film atau video dengan nyaman. Kini kamu dapat menggunakan cara menghilangkan subtitle bawaan video melalui Gom Player. Simak beberapa langkah berikut untuk menerapkannya.

  • Tentunya kamu harus memiliki aplikasi Gom Player sebelum menerapkan cara ini. Kamu dapat memperoleh aplikasi ini secara gratis. Cara pemasangannya pun sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan kapasitas memori yang besar.
  • Jika kamu ingin menambahkan subtitle, kamu dapat drag subtitle dalam video yang telah dibuka sebelumnya dengan Gom Player.
  • Jika subtitle sesuai, maka kamu dapat memutar video dengan subtitle.
  • Atau kamu juga bisa melakukannya dengan cara klik kanan dan pilih menu subtitles.
  • Lalu kamu dapat memilih menu Select Language.
  • Pilih nama file subtitle yang baru dan pilih Output the second subtitle.
  • Pilih Show the second subtitle.
  • Selanjutnya jika kamu ingin menghilangkan subtitle, maka kamu dapat menghilangkan centang pada subtitle.
  • Kamu dapat dengan mudah menonton video tanpa menggunakan subtitle.
  1. Cara Menghilangkan Hardsub dengan MKVMERGE GUI

Aplikasi MKVMERGE GUI merupakan software yang digunakan untuk mengkonversi dan menyunting video dengan format MKV. Selain itu, kamu juga dapat mengedit beberapa format lainnya seperti MP4 dan AVI. Kamu dapat menerapkan beberapa cara menghilangkan hardsub dengan MKVMERGE GUI seperti berikut ini.

  • Pertama, kamu dapat download dan install aplikasi MKVMERGE GUI secara gratis. Setelah aplikasi terpasang, kamu dapat menjalankan aplikasi ini di PC atau laptop kamu.
  • Setelah itu, kamu dapat klik tombol Add untuk menambahkan video yang akan dihilangkan subtitlenya.
  • Selanjutnya klik Open dan video akan ditambahkan pada halaman MKVMERGE.
  • Centang pada kotak kecil untuk menghapus subtitle bawaan lalu pilih Start Muxing.
  • Tunggu sebentar hingga proses muxing ini selesai dilakukan lalu klik OK.
  • Saat ini, video sudah tidak memiliki subtitle. Kamu dapat memilih menu Browse untuk melihat lokasi video tersimpan di laptop atau PC kamu.
  1. Proses menghapus subtitle telah selesai dilakukan.Cara Menghapus Subtitle Bawaan dengan MX Player

Kamu dapat menggunakan aplikasi MX player untuk menerapkan cara menghilangkan subtitle bawaan film. Software ini merupakan salah satu pemutar video dengan subtitle yang cukup populer pada para pengguna android. Ikuti langkah berikut untuk menghilangkan subtitle pada video.

  • Sebagai langkah awal, putarlah video yang akan dihilangkan subtitlenya dengan menggunakan aplikasi MX Player.
  • Pilih icon gambar yang memiliki bentuk kotak pesan yang berada pada pojok kanan atas.
  • Hilangkan tanda centang pada subtitle untuk menghapus subtitle bawaan.
  • Jika sudah maka subtitle tidak akan muncul kembali.
  • Jika kamu ingin menggunakan subtitle lagi, maka kamu dapat kembali ke menu dengan icon gambar kotak pesan di pojok kanan atas dan beri centang pada bagian subtitle.

Kini kamu dapat menerapkan cara menghapus subtitle bawaan film untuk menikmati video dengan lebih nyaman. Dari sekian cara yang tersedia, kamu dapat memilih cara yang paling mudah untuk diterapkan. Dengan menghapus subtitle bawaan, kamu juga dapat memasukkan subtitle baru yang lebih tepat untuk video yang akan kamu saksikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *