Cara Membuat Word Ke PDF Tanpa Aplikasi Serta Keunggulannya

by -3 views

Cara membuat word ke pdf memang sangat mudah, tetapi masih saja ada orang yang belum mengetahuinya. Hampir sebagian besar dokumen dibuat menggunakan Microsoft Word. Baik dalam kegiatan bisnis, dokumen pendidikan hingga keperluan melamar pekerjaan. Microsoft Word adalah aplikasi yang serba bisa dengan beragam tools yang memudahkan penggunanya. Kamu tidak perlu lagi takut tulisan tidak akan terbaca, karena di Ms. Word tersedia puluhan font yang bisa digunakan sesuai dengan tujuan dokumen. Microsoft Word membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Kamu bisa membuat atau mengirimkan banyak dokumen dalam satu waktu. Sehingga akan lebih efisien tanpa membuang waktu dan tenaga.

Namun dengan semua kelebihan dan keunggulannya, kenapa orang-orang masih membutuhkan cara mengubah word 2010 ke pdf? Hal ini karena salah satu kekurangan dari dokumen Word adalah formatnya bisa berubah jika dibuka dalam perangkat komputer/laptop dengan sistem operasi atau tipe MS. Word yang berbeda. Sedangkan format file pdf akan tetap dibuka menggunakan perangkat apapun. Sehingga cara mengubah file doc ke pdf akan sangat berguna.

Kelebihan Microsoft Wordkelebihan microsoft word

Walaupun cara membuat word ke pdf mengubah file word karena memiliki kelemahan dibandingkan file format pdf. Tetapi bukan berarti Microsoft Word tidak memiliki kelebihan. Bahkan kelabihan yang jelas terlihat adalah kamu bisa melakukan cara merubah word menjadi pdf secara langsung di Ms. Word. Berikut beberapa kelebihan dan keunggulan Microsoft Word:

  1. User Interface Sederhana

Keunggulan Ms. Word yang pertama tentu saja adalah user interface yang sederhana. Hal ini pula yang membuat software ini mudah digunakan baik untuk pemula dan segala usia. Tampilannya yang minimalis sehingga mudah dikenali, sehingga banyak sekali jenis dokumen yang berawal dari Ms. Word. Karena dari sini kamu bisa mengubahnya menjadi beberapa dokumen lain, salah satunya adalah cara ubah word ke pdf.

  1. Tools yang Mudah Dikenali

Software Microsoft Word memiliki tools atau menu-menu yang sangat mudah dikenali. Walaupun kamu baru pertama kali menggunakannya, kamu akan mudah menemukan menu yang dibutuhkan. Beberapa menu di toolbar Ms. Word yaitu “Home” untuk mengatur segala jenis tulisan dan style penulisan. Kemudian menu “Insert” untuk memasukkan berbagai file seperti gambar, video dan lainnya. Selain itu juga terdapat menu Design, Page Layout, Reference, Mailing, Review dan View.

  1. Fitur AutoRevocer

Kamu bisa mengubah file word dengan cara memindahkan word ke pdf. Tetapi fitur unggulan dari Word yang tidak dimiliki file lainnya yaitu AutoRecover. Fitur ini adalah fitur yang sangat penting. Hal ini karena Ms. Word akan menjaga dan menyimpan dokumen terakhir yang kamu edit. Pasti tidak mau kan kehilangan apa yang sudah dikerjakan akibat laptop/PC mati. Maka dengan adanya fitur ini kamu tidak akan kehilangan dokumen milikmu.

  1. Dokumen Bisa Langsung Dibagikan

Fitur unggulan lain dari Microsoft Word yaitu kamu bisa membagikan dokumen secara langsung melalui email atau surel. Kamu bisa menggunakan fitur ini di menu “Mailings” dengan memilih “Star Mail Merge”. Ikuti saja langkah-langkah yang diberikan, maka kamu bisa membagikan dokumen yang sama secara bersamaan ke beberapa email sekaligus.

  1. Kompatible di Semua Device

Cara memindahkan file word ke pdf juga bisa kamu lakukan secara online melalui situs web. Namun salah satu keunggulan Microsoft Word dibanding yang lainnya adalah kompatibel untuk semua jenis device. Kamu bisa menggunakan Microsoft Word di semua jenis sistem operasi baik Windows, Linux hingga MAC. Bahkan sekarang kamu juga sudah bisa membuat dan mengedit file format word melalui ponsel. Sangat mudah dan praktis.

Baca juga : Cara Merubah JPG Ke PDF Tanpa Aplikasi Dan Tak Perlu Kuota

Cara Mengubah File Word ke PDFcara mengubah file word ke pdf

Cara membuat word ke pdf bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Microsoft Word itu sendiri. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan di laptop/PC hanya untuk convert word ke pdf. Setelah kamu selesai mengedit dokumen di Microsoft Word, kamu bisa langsung menyimpannya menjadi file pdf. Cara merubah doc ke pdf di Ms. Word yaitu:

  1. Pilih Menu File

Menu “File” berisi beberapa pilihan menu lainnya. Antara lain “Info” yang berisi informasi lengkap mengenai dokumen. Di dalamnya terdapat informasi rinci seperti ukuran file, jumlah halaman, jumlah kata hingga total waktu melakukan editing. Kamu juga bisa melindungi dokumen dengan membuat password di menu “Protect Document”. Selain itu terdapat menu-menu lainnya seperti new, open, save, print, share, export dan option. Cara merubah word ke pdf yaitu dengan memilih menu “Save As”.

  1. Pilih Save As

Cara membuat pdf dari word setelah memilih menu “Save As” maka kamu perlu memilih lokasi penyimpanan dokumen hasil konversi. Kamu bisa memilih lokasi penyimpanan offline yang terdapat di dalam komputer/laptop. Maupun menggunakan penyimpanan cloud secara online di OneDrive. Jika tidak menemukan folder yang dimaksud, kamu bisa memilih “Browse”.

  1. Pilih Jenis File

Cara mengubah word ke pdf di laptop/komputer yang terpenting adalah saat memilih jenis file. Jika kamu salah memilih jenis file, maka kamu tidak bisa mendapatkan file format pdf. Kamu bisa memilih jenis file pdf dengan mengklik kolom “Save as type”. Saat memilih format file pdf akan muncul opsi lainnya untuk optimisasi. Kamu bisa memilih “Standar” untuk keperluan publishing online atau printing. Serta “Minimum size” dengan ukuran lebih kecil dan tujuan hanya untuk publishing online. Bahkan kamu bisa memilih apakah mengubah semua dokumen atau salah satu lembar saja pada menu “Option”.

Selain pdf, kamu juga bisa mengubah word menjadi beberapa format file lainnya seperti:

  • Word Macro-Enabled Document
  • Word 97-2003 Document
  • Word Template
  • Word Macro-Enabled Template
  • Word 97-2003 Template
  • XPS Document
  • Single File Web Page
  • Web Page
  • Web Page, Filtered
  • Rich Text Format
  • Plain Text
  • Word XML Document
  • Strict Opern XML Document
  • OpenDocument Text
  1. Ketikkan Nama Dokumen

Cara convert doc ke pdf selanjutnya adalah mengubah nama dokumen. Kamu bisa mengubah nama dokumen sesuai dengan kebutuhanmu agar mudah dicari kembali. Hindari menamakan dokumen dengan karakter-karakter seperti garis miring (\ atau /), tanda lebih atau kurang dari (> atau <), tanda bintang (*), tanda titik dua (:), tanda tanya (?), tanda petik dua (“), serta garis lurus (|). Karena karakter tersebut tidak didukung untuk membuat nama pada sebuah file.

  1. Klik Save

Cara merubah file word ke pdf yang terakhir adalah klik “Save”. Jika sudah maka kamu akan mendapatkan file format pdf yang baru di lokasi penyimpanan yang telah kamu pilih.

Sangat mudah bukan, kamu bisa menggunakan cara membuat word ke pdf kapan saja bahkan di android. Tentunya kamu harus memiliki aplikasi untuk membuka file format Word terlebih dahulu. Selain menggunakan cara diatas kalian juga bisa menggunakan situs pengubah seperti smallpdf.com.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *