Semudah Ini Cara Transfer Poin Telkomsel ke Nomor Lain

by Ihsan
Semudah Ini Cara Transfer Poin Telkomsel ke Nomor Lain

Mau ganti nomor HP tapi takut poin terhapus? Tenang, segera lakukan cara transfer poin Telkomsel ke nomor baru supaya tetap bisa dimanfaatkan.

Telkomsel merupakan salah satu provider yang sangat populer di Indonesia. Operator ini dikenal dengan sinyalnya yang kuat sampai pelosok desa. Maka dari itu, banyak sekali pengguna Telkomsel yang tersebar hingga pelosok negeri.

Profil pengguna kartu ini juga beragam. Dari kalangan pejabat, eksekutif muda, PNS, hingga para pekerja di daerah pedesaan.

Sama dengan keunggulan bank syariah, Telkomsel juga bisa diadu kalau soal produk dan keunggulannya. Salah satu kelebihannya adalah perolehan poin setiap kali membeli pulsa atau melakukan transaksi pembelian lain di LinkAja melalui MyTelkomsel.

Apa itu Poin Telkomsel?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara transfer poin Telkomsel, Anda harus tahu dulu apa itu poin dan bisa digunakan untuk apa saja.  Kami akan menggambarkan poin dalam bentuk contoh agar lebih jelas.

apa itu poin telkomsel

Via Telkomsel.com

 

Contoh: Suatu ketika si A membeli pulsa dengan nominal Rp 10.000,-. Karena pulsa ini, dia mendapatkan 2 poin yang langsung masuk ke akun Telkomselnya. Tiga hari berikutnya, dia membeli pulsa lagi senilai Rp 50.000,-. Karena pembelian ini, dia mendapatkan 10 poin dan terakumulasi dengan poin sebelumnya.

Artinya, jumlah poinnya adalah 12.

Poin-poin ini akan terus bertambah apabila ada transaksi-transaksi pembelian lain.

Ilustrasi di atas sedikit menggambarkan apa itu poin Telkomsel, yakni sejumlah bonus yang didapatkan ketika para pelanggan Telkomsel melakukan pembelian atau transaksi lain.

Karena sifatnya adalah bonus, ada pelanggan yang tahu ada pula yang tidak. Mereka yang tahu umumnya akan memanfaatkan poinnya untuk mendapatkan reward-reward yang sudah ditetapkan oleh Telkomsel.

Sedangkan yang belum mengerti, biasanya akan membiarkan poinnya hangus tak terpakai.

Perhitungan poinnya didasarkan pada jumlah transaksi yang dilakukan pelanggan. Jika pulsa Rp 10.000 mendapatkan 2 poin dan Rp 50.000,- dapat 10 poin, maka Rp 100.000,- dapat 20 poin. Demikian seterusnya berlaku kelipatan.

Reward

Beberapa reward yang bisa diperoleh dari penukaran poin Telkomsel:

  1. Menonton film.
  2. Membayar makanan.
  3. Menukarkan di tempat hiburan.

Telkomsel memiliki kerja sama khusus dengan beberapa merchant, jadi Anda tidak dapat menukar poinnya di sembarang tempat.

Penggolongan pelanggan Poin Telkomsel

Dalam penggunaan poinnya, pihak operator membagi atau menggolongkan pelanggannya. Metode penggolongan ini sering disebut Pelanggan Istimewa.

Apa itu pelanggan istimewa?

Pelanggan istimewa adalah sebuah metode kategorisasi pelanggan yang didasarkan pada lamanya berlangganan dan penggunaan dari layanan Telkomsel. Semakin tinggi kategori pelanggan yang Anda terima, reward dan loyalty yang didapatkan semakin banyak.

Cara menentukan kategori pelanggan istimewa

Berikut ini adalah beberapa item yang dipakai untuk menentukan kategori pelanggan istimewa:

  1. Telkomsel Poin yang diperoleh.
  2. Program loyalty yang dapat diikuti.
  3. Layanan yang akan diterima oleh pelanggan.

Cara menjadi pelanggan istimewa

Untuk menjadi pelanggan istimewa, Anda tidak perlu mendaftarkan diri. Sebab ini berlaku secara otomatis selama Anda jadi pelanggan Telkomsel dan menggunakan layanannya.

Kategori pelanggan istimewa

Berikut ini adalah beberapa kategori dan ketentuan dari para pelanggan spesial:

  1. Diamond, ialah mereka yang rata-rata tagihannya lebih dari atau sama dengan Rp 1.000.000,- dalam 3 bulan terakhir dan sudah berlangganan selama minimal 6 bulan.
  2. Platinum, adalah mereka yang rata-rata tagihannya antara Rp 300.000 sampai Rp 999.999 dalam 3 bulan terakhir dan sudah berlangganan selama lebih dari atau sama dengan 6 bulan.
  3. Gold, adalah mereka yang rata-rata tagihannya antara Rp 100.000 sampai Rp 299.999 dalam 3 bulan terakhir dan telah berlangganan selama minimal 6 bulan.
  4. Silver. Untuk kategori ini ada dua pemisahan pelanggan.

Pertama, pengguna yang baru saja mengaktifkan kartu Telkomsel atau berlangganan kurang dari 6 bulan dengan rata-rata tagihan lebih dari atau sama dengan 1 rupiah dalam 3 bulan terakhir.

Kedua, pengguna yang sudah berlangganan lebih dari atau sama dengan 6 bulan, tapi transaksinya dalam 3 bulan terakhir hanya memiliki rata-rata kurang dari Rp 100.000,-.

Untuk mengetahui saat ini Anda berada di kategori mana, silakan cek melalui aplikasi MyTelkomsel yang dapat diunduh di Play Store atau App Store.

Cara transfer poin Telkomsel ke Nomor Lain

Setelah mengetahui pengertian dan reward dari poinnya, kini kita akan membahas cara transfernya supaya tak hangus sia-sia.

Dengan cara ini, Anda dapat mengirimkan poin ke teman atau keluarga. Juga dapat mengirimkan ke nomor baru jika kondisinya Anda mengganti nomor.

Yang jelas, jika Anda mengganti nomor, maka aktifkanlah dulu nomor tersebut sebelum melakukan transfer.

Cara cek poin Telkomsel

cara cek poin telkomsel

Via Telkomsel.com

Sebelum melakukan pengiriman poinnya, silakan cek terlebih dulu poinnya sehingga tahu berapa jumlah yang harus dikirim atau disisakan. Berikut ini 3 opsi cara cek yang bisa dilakukan:

  1. Dial ke nomor *700# kemudian tekan panggil.
  2. Ketik SMS dengan format POIN kemudian kirim ke 777.
  3. Cek langsung di aplikasi MyTelkomsel.

Cara pertama dan kedua dapat dilakukan melalui HP biasa dan smartphone. Cara ketiga khusus buat Anda yang menggunakan smartphone dan sudah mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Cara kirim poin Telkomsel ke nomor lain melalui format SMS KIRIM

Untuk melakukan pengiriman, silakan siapkan dulu gadget yang sudah menggunakan nomor HP berisi kartu yang ada poinnya.

Tak masalah jika HP-nya jadul atau bukan smartphone masa kini. Sebab untuk transfer, Anda cukup memakai menu pesan SMS.

cara transfer poin telkomsel ke nomor lain format kirim

  1. Buka menu SMS di HP Anda.
  2. Ketikkan KIRIM(JumlahPoin) (spasi) Nomor tujuan yang ingin dikirimi poinnya.
  3. Kirim SMS tersebut ke nomor 777.

Contoh:

KIRIM30 0821897988888

Setelah SMS dikirimkan, tunggulah beberapa saat untuk menerima SMS balasan yang berisi notifikasi bahwa transaksi sudah berhasil dilakukan.

Cara mengirim poin Telkomsel ke nomor lain melalui format SMS POIN

Selain format SMS di atas, Anda juga dapat memakai format SMS di bawah ini untuk mengirimkannya. Silakan ikuti langkah-langkahnya:

  1. Buka menu pesan lalu pilih tulis pesan di HP Anda.
  2. Ketikkan POIN(JumlahPoin) (spasi) Nomor tujuan yang ingin ditransferi poinnya.
  3. Kirimkan SMS ke nomor 777

Contoh:

POIN30 082134567890

Setelah SMS-nya terkirim, silakan tunggu sebentar untuk mendapatkan notifikasi bahwa transaksinya sudah berhasil dilakukan.

Demikian cara transfer poin Telkomsel terbaru yang harus Anda tahu. Perlu diketahui bahwa untuk melakukan pengiriman, tak ada batasan jumlah minimal atau maksimal poin.

Jadi, Anda bisa leluasa mengirimkan seluruh poinnya saat memang berganti HP. Atau sengaja mengumpulkan poinnya di satu HP agar bisa ditukar-tukar dengan reward pada merchant rekanan Telkomsel secara leluasa.

Terakhir, bonus poin ini memiliki masa berlaku. Jadi, jangan sampai hangus hanya karena Anda lupa tidak segera menggunakannya. Sekarang, selamat mencoba cara transfer poin Telkomsel dan semoga beruntung dengan reward yang akan didapatkan.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: