Ukuran Wallpaper Android yang Tepat dan Cara Setting-nya

by Ihsan
Ukuran Wallpaper Android yang Tepat dan Cara Setting-nya

Memastikan gambar sesuai dengan ukuran wallpaper android itu penting agar tampilannya bisa kece. Tak terpotong, pecah, atau yang lainnya.

Tak banyak yang tahu atau mau perhatian dengan wallpaper size yang mereka pasang di HP. Buat sebagian besar orang, yang terpenting adalah bisa memasang gambar pribadi sebagai latar menu di HP.

Padahal, bila mau memperhatikan ukurannya, maka tampilan gambar yang pas bisa diperoleh. Yakni dengan menyesuaikan ukuran gambar-gambar tersebut dengan ukuran wallpaper-nya.

Nah, ukuran ini dipengaruhi oleh beberapa size. Misalnya adalah layar dan resolusi. Artinya, masing-masing HP punya ukuran sendiri-sendiri. Semuanya tergantung ukuran layar dan resolusi dari layar tersebut.

Pada kesempatan kali ini, Anda dapat mengikuti ulasan mengenai wallpaper size pada HP Android seperti Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi, atau yang lainnya. Jadi, bila ingin tahu lebih jauh, silakan simak sampai selesai.

Ukuran layar (screen size)

Ukuran layar adalah size dari layar android yang Anda beli secara fisik. Kisarannya adalah dari 3-7 inci. Semakin besar ukurannya, resolusinya juga makin tinggi. Inilah yang kemudian mempengaruhi visualisasi dari HP tersebut.

 ukuran layar screen size

Ukuran layar tetap memegang peran yang cukup penting dalam tampilan gambar, bagus atau tidaknya.

Di antara sebab keberagaman screen size HP ini adalah permintaan konsumen dan inovasi dari perusahaan teknologi.

Dulu, pada saat pertama kali muncul, HP touchscreen dengan screen size 3 inchi sudah sangat bagus. Semakin ke sini, size tersebut meningkat. Hingga sekarang, screen size umum yang dibekalkan pada smartphone android adalah 5-6 inci.

Ukuran ini dinilai paling aman untuk para pengguna. Kualitasnya bagus, gambar terlihat jelas, dan layar dapat menampilkan tulisan yang kompatibel dengan pandangan mata. Jadi, cukup (sedang) dan menyeluruh.

Maksudnya, untuk menampilkan kalimat panjang, semuanya sudah langsung terpampang nyata di layarnya. Sehingga tak perlu scroll naik turun lagi.

Selain kelebihan di atas, screen size 5-6 inci juga dapat ditenteng dan dioperasikan dengan mudah. Pas dengan genggaman tangan sehingga mobilitasnya lebih mudah.

Sementara untuk ukuran 6-7 inci, biasanya dibekalkan pada HP kalangan atas. Yang secara tampilan memang lebih terlihat luas, visualisasinya bagus, dan aman untuk mata.

Resolusi layar

Setiap smartphone memiliki resolusinya masing-masing. Informasi ini akan diperoleh saat membeli ponselnya. Umumnya, terdapat di box HP saat pembelian pertama kali.

Nah, resolusi layar HP ini dibagi dalam beberapa macam, di antaranya adalah:

qHD

Huruf q dalam istilah qHD ini adalah kependekan dari kata Quarter yang dalam bahasa indonesia berarti seperempat.

Maksud dari qHD adalah resolusi layarnya seperempat bagian dari HD. Ukuran dari resolusi ini umumnya adalah 960 x 540 piksel. Sementara rasio aspeknya adalah 16:9. Saat ini, qHD merupakan resolution size terendah.

HD

Selanjutnya ada ukuran HD atau High Definition. Resolusi ini juga dikenal dengan sebutan 720p. Hal ini karena ukurannya 1280 x 720 piksel dengan rasio 16:9.

High Definition atau HD ini merupakan resolusi yang paling banyak digunakan pada smartphone saat ini.

WXGA

Soal kualitas, WXGA ada di atas HD sedikit. Namun, banyak yang menganggap sama dengan WXGA. Biasanya, resolusi ini digunakan pada tablet. Ukuran resolusinya adalah 1366 x 768 piksel atau 1280 x 800 piksel dengan rasio 16:9.

FHD atau Full HD

FHD sering disebut full HD. Bila HD adalah 720p, maka Full HD adalah 1080p. Ukuran resolusinya adalah 1920 x 1080 piksel. Resolusi ini cocok untuk screen size 5 sampai 5,5 inci.

QHD (Quad HD)

Kalau quarter adalah seperempat HD, maka quad HD adalah 4 kali lipatnya. Jadi, kualitasnya jauh lebih baik. Ukurannya adalah 2560 x 1440 piksel dan aspek rasionya adalah 16:9. Biasanya, QHD juga disebut 2K atau WQHD (Wide Quad HQ).

UHD (Ultra HD)

UHD adalah Ultra HD. Resolusinya sangat tinggi, yakni 3840 x 2160 piksel. Bila dibandingkan dengan full HD, maka Ultra HD adalah 4 kalinya.

UHD ini sering disebut 4K dan hasil gambarnya sangat bagus. Kualitasnya tak perlu dipertanyakan lagi.

Ukuran wallpaper android dan cara mendapatkannya

Setelah tahu ukuran dan resolusi layar, sekarang saatnya Anda tahu bagaimana ukuran wallpaper android yang tepat.

ukuran wallpaper android dan cara mendapatkannya

Perlu diingat bahwa karena ukuran dan resolusi layar HP berbeda-beda, maka wallpaper size-nya pun berbeda.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh wallpaper size yang ada di HP dengan resolusi 16 : 9 dalam piksel.

  1. 1024 x 576.
  2. 1152 x 648.
  3. 1280 x 720.
  4. 1366 x 768.
  5. 1600 x 900.
  6. 1920 x 1080.
  7. 2560 x 1440.
  8. 3480 x 2160.
  9. 7680 x 4320.

Cara mengetahui ukuran wallpaper android yang tepat

Setelah mengetahui berbagai jenis wallpaper size di atas, lantas bagaimana cara mengetahui ukuran wallpaper yang ada di android Anda? Berikut ini beberapa opsinya:

Lewat screenshot

Cara pertama adalah dengan mengambil screenshot layar HP. Kemudian cek hasil SS-nya di galeri. Cek pada opsi rincian foto tersebut. Pada detail informasi tersebut, ada informasi ukuran fotonya. Itulah ukuran paling pas untuk wallpaper Anda.

Mengecek resolusi HP di box atau lewat situs

Cara lainnya adalah dengan mengetahui spesifikasi resolusi layar HP Anda. Bila lupa spesifikasinya, lihat langsung di box atau cek di situs. Silakan ketikan merk dan tipe HP Anda.

Cara mendapatkan ukuran wallpaper agar tidak terpotong, zoom, atau pecah

Setelah tahu ukuran wallpaper android yang paling pas untuk HP Anda, sekarang saatnya mengondisikan foto atau gambar supaya ukurannya sama dengan wallpaper size tersebut.

Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ukuran terbaik buat wallpaper di android Anda. Silakan ikuti panduan di bawah ini:

Mengatur supaya ukuran fotonya sesuai

Pertama, Anda bisa melakukan pengaturan agar saat menjepretkan lensa kamera, ukuran gambarnya sesuai dengan wallpaper. Anda juga dapat mengedit gambar yang sudah ada menggunakan aplikasi supaya ukurannya pas.

Menggunakan aplikasi Image 2 Wallpaper

Ada banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk mengonvensi gambar original ke wallpaper. Salah satunya adalah image 2 wallpaper. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store.

Penggunaannya sangat mudah. Untuk memperoleh wallpaper terbaik hanya diperlukan beberapa kali klik saja. Ulasan aplikasi ini sangat bagus di Play Store. Ia mendapatkan bintang 4,4 dari 5.

Memakai aplikasi Canva

cara mendapatkan ukuran wallpaper agar tidak terpotong zoom atau pecah via canva

Selain image 2 wallpaper, cobalah Canva. Ini adalah aplikasi all in one yang tidak hanya menyediakan fitur buat pembuatan wallpaper telepon. Tetapi juga postingan-postingan di media sosial.

Uniknya, di sini tersedia template dan editing gambar yang apik serta unik sehingga tampilan wallpaper sudah dipastikan kece.

Selain dua aplikasi di atas, Anda bisa coba cari sendiri di Play Store untuk mempermudah pengelolaan kualitas dan ukuran wallpaper android terbaik.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: