Wow! 6 Aplikasi Speech to Text Indonesia yang Menakjubkan

by Ihsan
Wow! 6 Aplikasi Speech to Text Indonesia yang Menakjubkan

Amazing! Dengan aplikasi speech to text Indonesia Anda bisa melakukan pengetikan dalam tempo cepat seperti sedang berbicara. Tidak capek dan bisa disambi melakukan hal-hal lain.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa mengubah pidato, obrolan, ucapan, atau pembicaraan seseorang menjadi sebuah teks tanpa perlu diketik.

Aplikasi ini sangat berguna, khususnya buat orang-orang yang bekerja dalam bidang tulis menulis. Selain itu, aplikasinya juga dapat digunakan untuk mahasiswa saat mendengarkan kuliah, seminar, atau yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa opsi apk yang dapat digunakan untuk mengubah obrolan menjadi dalam bentuk tulisan. Jadi, selamat menyimak sampai selesai.

Daftar rekomendasi 6 aplikasi speech to text Indonesia: Offline dan Online

Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di Playstore dan dapat dimanfaatkan untuk mengubah obrolan menjadi teks. Tapi ada beberapa apk yang cukup populer dan direkomendasikan.

Speech to Text

Aplikasi pertama yang direkomendasikan adalah Speech-to-Text. Tampilannya sangat sederhana dengan sistem pengoperasian yang mudah.

 aplikasi speech to text indonesia speech to text

Saat masuk pertama kali, Anda hanya perlu memencet tombol microphone dan memberikan akses ke perekaman suara di HP. Setelah tombol ini dipencet, maka suara yang Anda ucapkan akan langsung tertulis pada layar HP.

Selain mengubah ucapan ke teks, aplikasinya juga dapat dipakai untuk mengubah teks ke ucapan. Untuk berpindah, yang perlu dilakukan pengguna hanya mengganti tab ke “Text to Speech”. Kemudian mengetikkan kalimat yang akan diubah menjadi suara.

Saat menggunakan aplikasi ini, sebaiknya Anda mengubah pengaturannya ke bahasa Indonesia terlebih dulu. Tujuannya adalah untuk mengurangi kesalahan ejaan. Selain itu juga agar apk dapat berjalan dengan lancar.

Namun perlu diketahui bahwa aplikasinya hanya dapat digunakan dalam kondisi online. Apabila tidak ada koneksi internet atau koneksinya sedang buruk, maka perekaman atau layanan lain dalam aplikasinya tidak bisa diberikan dengan baik.

Saat ini, sudah ada lebih dari 1 juta orang yang mengunduh aplikasi ini. Dari jutaan unduhan tersebut, hanya lebih dari 4 ribu ulasan yang masuk dengan bintang 3,8 dari 5.

Speechnotes

Aplikasi kedua adalah Speechnotes. Di sini, Anda bisa langsung merekam suara dan mendapati ucapannya terketik sendiri di layar HP. Kemudian Anda dapat menyimpannya dalam bentuk note.

Untuk dapat merekam suara dalam Bahasa Indonesia, Anda perlu mengubah pengaturan bahasanya terlebih dulu. Caranya adalah dengan klik ikon bendera kemudian memilih Jawa (Indonesia).

Cara lainnya, ketuk pada titik tiga di kanan atas, kemudian pilih Switch Language. Selanjutnya, pilih Jawa (Indonesia).

Setelah bahasanya diubah, suara yang diucapkan akan lebih mudah dikenali. Selama pengaturan bahasanya masih English dan Anda mengucapkan kalimat dalam bahasa Indonesia. Maka aplikasinya akan kesulitan dalam menerjemahkan ucapan.

Yang menarik, note yang tersimpan dalam aplikasi ini dapat diubah atau diexport menjadi file dalam bentuk PDF.

Saat ini, Speechnotes sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan perolehan bintang 4,1 dari 5. Total ulasannya hampir 25 ribu.

Sama dengan aplikasi speech to text Indonesia pertama, Speechnotes juga hanya bisa beroperasi saat smartphone online atau koneksi internetnya aktif.

Ucapan ke Teks: Catatan Suara & Pengetikan Suara

Aplikasi ini adalah besutan Learning Easy. Untuk dapat mengubah suara menjadi tulisan, Anda dapat langsung mengunduh aplikasinya kemudian dipasang. Setelah itu, atur bahasanya menjadi Indonesia dan mulai lakukan perekaman.

Berbeda dengan dua aplikasi di atas yang hanya dalam sekali pencet, mereka akan merekam kalimat, paragraf, bahkan satu artikel penuh. Di sini, bila Anda berhenti bicara sebentar saja, maka perlu mengklik ulang ikon microphone.

Meski begitu, hal positif yang dia miliki tapi tidak dimiliki oleh 2 aplikasi sebelumnya adalah Ucapan ke Teks ini dapat difungsikan meski smartphone dalam kondisi offline.

Jadi, meski tidak ada koneksi internet, Anda tetap dapat merekam suara sambil mencatatnya secara otomatis.

Selain itu, daya tangkap aplikasinya juga cepat. Jadi, meski Anda berbicara dengan sangat cepat aplikasi ini akan mencatatnya dengan tepat.

Ucapan ke Teks sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali dengan jumlah ulasan hampir 3 ribu. Dari ulasan ini, mayoritas pengguna merasa puas sehingga rata-rata bintangnya adalah 4,1 dari 5.

Voice Notebook

Selanjutnya ada Voice Notebook. Sesuai dengan namanya, ini adalah aplikasi yang dapat mengubah suara menjadi note.

aplikasi speech to text indonesia offline voice notebook

Anda dapat pengaturan bahasa dengan mudah. Selain itu, aplikasi juga dapat digunakan secara offline. Penulisannya juga minim kesalahan ejaan sehingga cukup direkomendasikan.

Pada layar perekaman suara dan pencatatan note, ada opsi enter, spasi, titik, koma, dll. Anda dapat menggunakannya pada saat diperlukan.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini tidak hanya mencari kecocokan kata yang diucapkan, tetapi juga mencari kecocokan kata yang ada dalam satu kalimat.

Apk ini sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini mendapatkan ulasan berjumlah hampir 10 ribu. Dari total ulasan tersebut, bintangnya sudah mencapai 4,4 dari 5.

Speech to text converter – Voice typing App

speech to text converter – voice typing app

Aplikasi berukuran 13 MB ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan total ulasan mencapai 20 ribu. Ada banyak fitur yang tersedia di dalamnya, yakni:

  1. Speak & translate.
  2. Speech to Text.
  3. Text translator.
  4. Dictionary.

Selain 4 menu di atas, ada juga riwayat atau histori dan favorit. Untuk bisa menikmati layanan pengucapan kata dan mencatatnya, silakan pilih menu kedua.

Setelah itu, silakan izinkan akses ke menu suara yang ada di smartphone. Bila sudah berhasil masuk, silakan klik gambar microphone.

Anda bisa mengubah bahasa utama yang dipakai dengan klik pada bagian atas. Bila bahasanya tidak diubah ke dalam Bahasa Indonesia, maka umumnya akan terjadi kesalahan ejaan saat dipakai untuk merekam ucapan dalam bahasa Indonesia.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan saat online. Selain itu, di tengah-tengah aplikasi juga sering muncul iklan yang cukup mengganggu proses perekaman dan pencatatan.

Meski begitu, karena ada banyak fitur yang ditawarkan, para pengguna aplikasi ini cenderung senang dan puas menggunakannya. Hal ini dibuktikan dengan perolehan bintangnya yang mencapai 4,1 dari 5.

Transkripsi Instan

Aplikasi speech to text Indonesia ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali. Ini adalah aplikasi transkrip. Jadi, hasil catatannya tidak dapat langsung disimpan seperti aplikasi-aplikasi lain yang sudah kami tulis di atas.

Meski begitu, apk-nya cukup direkomendasikan karena mampu mendengar suara dan mencatatnya dengan cepat. Modelnya seperti teks bergerak dengan penyimpanan transkripsi maksimal 3 hari saja.

Transkripsi instan ini hanya bisa difungsikan saat penggunanya online. Saat tidak ada koneksi internet, maka aplikasinya akan langsung tidak bisa digunakan.

Saat ini, Transkripsi Instan sudah memperoleh 4,2 dari 5 bintang dari total hampir 20 ribu ulasan pengguna.

Itulah beberapa aplikasi speech to text Indonesia yang dapat Anda gunakan lewat smartphone. Sama halnya dengan aplikasi format flashdisk, apk di atas juga bisa langsung didapatkan di Play Store. Anda juga bisa mencari opsi lain dengan mengetikkan kata kunci “Speech to Text Indonesia” di kolom pencarian Play Store.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: