Tips Membuat CV Menarik Untuk Fresh Graduated, Pasti Lolos

by -21 views

Tidak sulit membuat CV menarik asalkan kamu tahu tips dan trik membuatnya. CV atau curriculum vitae adalah dokumen yang diperlukan saat hendak melamar suatu pekerjaan. Dokumen lain yang dilampirkan bersama CV antara lain ijazah, transkrip nilai, sertifikat keahlian maupun portofolio. Melalui CV profesional, perusahaan akan menilai karakter dan kemampuan seseorang. Sehingga dalam membuat template CV menarik harus benar-benar memperhatikan komposisi dan informasi apa saja yang harus dimasukkan. CV tidak boleh terlalu panjang maupun terlalu pendek, harus proporsional dan efektif. Jika kamu ingin membuat CV profesional yang menarik dan berbobot, kamu bisa menggunakan template yang telah tersedia secara online maupun membuatnya sendiri. Kamu juga bisa mengecek skor atau nilai CV pada website tertentu sehingga bisa menjadi bahan evaluasi.

CV Menarik Standar ATScv menarik standar ats

CV menarik masih belum cukup menjadi standar contoh CV profesional yang baik. Akibat kemajuan teknologi dan informasi, dalam mencari pekerjaanpun sekarang menjadi serba cepat dan mudah dilakukan secara online. Banyak perusahaan besar yang menerima lamaran ratusan hingga ribuan orang menggunakan sistem seleksi yang dilakukan oleh mesin. Sehingga muncul standar baru dalam membuat CV yang menarik yaitu standar ATS. ATS atau Applicant Tracking System adalah sebuah sistem yang dapat menganalisis CV dan memberikan penilaian terhadap CV tersebut.

Berkat sistem ATS ini HRD akan lebih mudah menyaring CV yang terbaik sesuai dengan standar perusahaan. Namun bagi pelamar yang tidak memiliki template CV yang menarik sesuai standar ATS, maka CV nya tidak akan pernah lolos walaupun kualifikasinya mumpuni. Untuk itu berikut ini akan dijelaskan standar dan contoh CV menarik sesuai ATS:

  1. Kata Kunci

Di dalam contoh template CV standar ATS, kata kunci merupakan sesuatu yang sangat penting. Kata kunci inilah yang menjadi dasar penilaian sebuah CV. Pastikan kamu menggunakan kata kunci di dalam kalimat yang menjelaskan pengalaman kerja sesuai dengan posisi yang dilamar. Jika kamu menjelaskan terlalu banyak di CV tetapi tidak relevan, maka hal tersebut akan sia-sia.

  1. Bullet Points

Contoh CV yang menarik standar ATS lainnya adalah keberadaan bullet points. ATS mengelompokkan informasi berdasarkan bullet points sehingga susunanya berurutan dan lebih terstruktur di dalam CV.

  1. Header dan Footer

Kesalahan lain dalam membuat CV yang menarik HRD standar ATS adalah di bagian header atau footer. Jika biasanya di dalam CV kamu meletakan informasi seperti kontak, alamat atau link social media di bagian footer. Maka pada format CV menarik bagi HRD standar ATS hal tersebut merupakan sesuatu yang salah. Hal ini karena sistem ATS tidak dapat memindai dan mengindentifikasi informasi yang ada di header atau footer.

  1. Gambar atau Grafik

Pasti kamu pernah melihat CV lucu yang memuat banyak gambar atau ilustrasi yang menarik. Sayangnya gambar atau ilustrasi maupun grafik tidak berlau untuk contoh CV kerja menarik standar ATS. Sehingga jika kamu ingin membuat CV yang memenuhi standar ATS, lebih baik hindari penggunaan gambar atau grafik.

Baca juga : Cara Cek Tagihan Kartu Kredit: Aman, Lengkap, dan Informatif

Contoh CV yang Menarik HRDcv yang menarik hrd

Membuat CV yang menarik bagi HRD merupakan sesuatu yang sangat tricky. Hal ini karena kita tidak bisa tahu dengan pasti apa dan bagaimana standar CV yang menarik bagi setiap HRD di masing-masing perusahaan. Namun setidaknya contoh CV yg menarik harus memuat beberapa hal berikut ini:

  1. Memuat informasi penting

Kamu harus mencantumkan segala informasi penting yang menunjang agar bisa dilirik oleh suatu perusahaan. Informasi penting di dalam template CV menarik untuk fresh graduate antara lain:

  • Informasi pribadi
  • Deskripsi singkat
  • Riwayat pendidikan
  • Keahlian atau keterampilan
  • Prestasi
  • Pengalaman kerja
  • Pengalaman organisasi
  • Link portofolio (jika ada)
  1. Desain CV menarik dan kreatif

Walaupun tidak 100% menjamin CV akan lolos, tetapi desain CV yang keren tentu setidaknya akan menarik perhatian HRD. Untuk itu kamu tidak bisa sembarangan, dan perlu memikirkan desain yang menarik termasuk pemilihan warna, penataan dan space untuk informasi yang akan kamu cantumkan. Kamu bisa mencari banyak contoh CV kreatif di internet.

  1. Informasi relevan

Walaupun kamu memiliki sedugang prestasi dan pengalaman sewaktu kuliah. Tetapi dalam hal melamar pekerjaan, kamu hanya boleh mencantumkan prestasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Ada banyak contoh cv yang keren, tetapi tidak lolos karena informasi di dalam CV tidak relevan dan tidak sesuai dengan apa yang dicari perusahaan.

Website Penyedia Template CV Fresh Graduated

Walaupun kamu tidak jago dalam membuat desain, sekarang kamu bisa membuat CV menarik dengan mudah. Ada beberapa website yang menyediakan template CV gratis di internet. Cara membuat CV profesional di website tersebut sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengeditnya sesuai kebutuhan lalu download. Berikut beberapa website yang menyediakan contoh curriculum vitae menarik secara gratis:

  1. Canva

Aplikasi desain satu ini cukup popular. Kamu bisa membuat CV yang menarik dengan berbagai pilihan template. Selain membuat CV, aplikasi canva juga bisa digunakan untuk membuat desain lain seperti poster, presentation hingga undangan. Caranya adalah masuk ke website www.canva.com dan memilih desain yang kemu butuhkan.

  1. io

Website resume.io telah menghasilkan ratusan resume yang berhasil tembus di beberapa perusahaan multinasional bergengsi. Website ini sangat cocok digunakan untuk membuat CV profesional karena tampilannya yang minimalis. Untuk membuat CV menggunakan template di resum.io juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukan informasi di bagian-bagian yang telah tersedia. Namun sayangnya, kamu tidak dapat menambahkan bagian lain di dalam CV.

  1. VisualCV

Jika kamu ingin membuat CV keren yang terkesan cool dan profesional maka kamu bisa mendapatkannya di VisualCV. Website ini menyediakan template CV secara gratis dengan desain yang sederhana dan sedikit sentuhan warna. Selain CV, juga terdapat template lain seperti portofolio dan personal landing page.

  1. CV maker

Ingin mendapatkan CV profesional secara instan? Kamu bisa membuatnya melalui website CV maker. Bahkan kamu tidak perlu mendaftar untuk membuat CV. Bagian-bagian di dalam CV juga telah disusun sehingga kamu cukup memasukkan informasi yang sesuai dengan bagian CV tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengekspor file CV dalam beberapa format seperti PDF, HTML dan TXT.

  1. Zety

Masih awam dan tidak tahu template mana yang terbaik untuk CV? Kamu bisa mengunjungi website Zety. Zety akan merekomendasikan template dan pilihan warna yang cocok dan senada dengan keseluruhan desain CV yang kamu buat. Sehingga CV akan terlihat lebih menarik dan enak dilihat.

Sekarang kamu sudah siap membuat CV menarik dan bersaing dengan ratusan pelamar lainnya.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *