5 Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu Di Youtube

by -2,047 views

Kamu bisa mengambil suara instrumentnya saja dari sebuah lagu dengan cara menghilangkan suara vokal pada lagu di youtube. Youtube merupakan platform video gratis yang berisi ribuan video dari content creator termasuk lagu. Youtube pertama kali dibuat pada tahun 2005 dan hingga saat ini terus berkembang menjadi salah satu platform hiburan yang paling digemari masyarakat. Ada ribuan jenis video di youtube yang bisa ditonton untuk semua kalangan baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan.

Tak sedikit pula musisi yang mengunggah karya musik terbarunya di platform youtube. Kamu bisa menonton video tersebut, mendownload atau bahkan membagikan video secara gratis. Jika kamu ingin berkaraoke atau membuat cover lagu, kamu juga bisa menghilangkan vokal pada lagu menggunakan aplikasi penghilang vokal dalam lagu.

Daftar Aplikasi Untuk Menghilangkan Suara Vokal Pada Lagu Di PCdaftar aplikasi untuk menghilangkan suara vokal pada lagu di pc

Cara menghilangkan suara vokal pada lagu di youtube dapat dilakukan menggunakan aplikasi gratis yang tersedia di internet. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menghilangkan suara vokal sekaligus melakukan pengeditan terhadap lagu. Beberapa aplikasi untuk menghilangkan vokal pada lagu yaitu:

  1. Audacity

Cara menghilangkan suara vokal pada lagu dapat dilakukan menggunakan aplikasi Audacity. Aplikasi ini sudah cukup popular untuk melakukan sound editing. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dan kompatibel untuk OS Windows, Mac OS maupun Linux. Aplikasi merupakan salah satu vocal remover terbaik yang dapat menghilangkan suara dari beberapa lagu sekaligus.

  1. MP3 Karaoke

Aplikasi music tanpa vokal lainnya adalah MP3 Karaoke. Cara menghilangkan vocal menggunakan MP3 Karaoke yaitu cukup dengan input file lagu ke aplikasi lalu tekan ikon “K” atau “F3”. Maka secara otomatis kamu akan mendapatkan music instrumennya saja dari lagu favoritmu. Namun input file yang bisa diterima oleh aplikasi hanyalah file format MP3.

  1. WavePad

Aplikasi WavePad dapat digunakan untuk menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu dan beberapa fitur lainnya. Kamu bisa menghilangkan vokal dari sebuah lagu dengan berbagai format audio seperti MP3, WAV, WMA, AIFF, M4A, OGG, FLAC dan masih banyak lagi. Cara menghilangkan vokal pada video menggunakan WavePad yaitu dengan menginput lagu ke aplikasi di menu “File” lalu pilih “Open”. Kemudian pilih “Reduce Vocals” di menu “Effects”. Kamu masih bisa melakukan beberapa pengaturan dari sebuah lagu sebelum memutuskan untuk mengubah lagu dan menyimpan hasilnya.

  1. GOM Player

GOM Player adalah aplikasi yang lebih dikenal untuk memutar sebuah video. Tetapi ternyata GOM Player juga dapat digunakan untuk menghapus vokal dari sebuah lagu. Cara menghilangkan vokal di lagu menggunakan GOM Player yaitu dengan membuka fila audio atau lagu yang ingin kamu edit. Kemudian pilih menu “Audio” dan klik “Vouce Filter” dan pilih “Cut Voice” untuk menghilangkan suara vokal. Kamu juga bisa membatalkan pengeditan dengan memilih “Disable” di menu yang sama.

  1. Ocenaudio

Berbeda dengan aplikasi penghilang vokal lainnya, Ocenaudio bekerja menghilangkan vokal dengan cara mengatur frekuensi dari equalizer agar yang terdengar hanya instrumennya saja. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan mendukung berbagai macam format file audio. Cara menghilangkan suara vokal pada MP3 yaitu dengan mengubah euqlizer ke bawah 250-1k ke 0 dB. Kamu bisa mengaturnya di menu “Effects” dan pilih menu “Equalization”.

Baca juga : Tips Membuat CV Menarik Untuk Fresh Graduated, Pasti Lolos

Daftar Aplikasi Penghilang Vokal Lagu Di Androidaplikasi penghilang vokal lagu di android

Cara menghilangkan suara vokal pada lagu di youtube juga dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan ponsel. Tentunya cara menghilangkan vokal pada lagu di android hanya dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi penghilang vokal android. Berikut ini beberapa aplikasi menghilangkan vokal pada lagu yang bisa digunakan di android:

  1. SplitHit: Vocal Remover, Karaoke Maker, Backtracks

SplitHit adalah aplikasi yang cukup popular dan telah didownload oleh lebih dari 100 ribu orang di seluruh dunia. Aplikasi untuk menghilangkan vokal ini telah mendapatkan rating 4.3/5.0 di Google Play Store dan berukuran 218MB. Kamu bisa mengatur sebuah lagu sesuka hati dengan SplitHit. Bukan hanya untuk menghilangkan suara vokal pada lagu, kamu juga bisa melakukan equalizer, membuat remix dari sebuah lagu atau hanya untuk mendengarkan music.

  1. Vocal Remover – Al Karaoke Maker

Aplikasi penghilang vokal lainnya adalah Vocal Remover – AI Karaoke Maker. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Techy Guy pada tahun 2020. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah sistemnya yang menggunakan AI atau Artificial Intelligence sehingga bisa serba otomatis. Kamu bisa menghapus suara vokal dari sebuah lagu dan melatih suaramu.

  1. Vocal Remover for Karaoke and Dance: Music Separator

Aplikasi Vocal Remover for Karaoke and Dance sangat ringan hanya berukuran 14 MB dan mudah digunakan. Cara menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih yaitu dengan mengekstrak lagu ke aplikasi, lalu kamu bisa langsung memisahkan lagu antara vokal dengan instrumennya. Aplikasi penghilang vokal pada MP3 untuk android ini bisa memisahkan musik dan vokal dengan format file audio maupun video.

  1. Vocal Extractor: Karaoke Maker

Rekomendasi aplikasi untuk menghilangkan suara vokal lainnya adalah Vocal Extractor. Aplikasi ini berukuran 77 MB dan dapat didownload secara gratis melalui Google Play Store. Kamu bisa langsung memisahkan bagian-bagian lagu seperi vokal dan instumennya dengan mudah. Aplikasi ini juga dapat menerima input dalam beberapa format file seperti M4A, MP3 dan WAV.

  1. MP3 Vocal Remover App For Karaoke

Cara menghilangkan vokal pada lagu juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi MP3 Vocal Remover App for Karaoke. Aplikasi ini sangatlah ringan, hanya berukuran 2.6 MB dan telah didownload oleh lebih dari 100 ribu orang di seluruh dunia. Namun fungsi dari aplikasi ini memang hanya untuk memisahkan vokal dengan instrumennya.

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada MP3 dengan Bersih Di Android Tanpa Aplikasi

Selain melalui beberapa aplikasi di atas, cara menghilangkan suara vokal pada lagu di youtube juga dapat dilakukan secara online tanpa aplikasi. Cara menghilangkan suara vokal pada lagu secara online ini sangat mudah. Kamu hanya perlu pergi ke situs atau website penyedia fitur editing lagu. Beberapa situs yang bisa digunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu yaitu X-Mius.Pro, Vocal Remover, Audioalter dan Vocalremover.com.

Cara menghilangkan suara pada lagu di android melalui X-Minus.Pro yaitu dengan mengatur frekuensi cut off. Situs ini dapat mengedit lagu dari mono track maupun stereo track dengan file output berupa WAV dan MP3. Sedangkan cara menghilangkan vokal pada MP3 menggunakan Vocal Remover dapat dilakukan dengan lebih mudah. Cukup dengan mengunggah trek adio dan mengaktifkan mode karaoke. Maka kamu bisa berkaraoke secara langsung dari instumen musik yang telah dipisahkan.

 

Cara menghilangkan suara vokal pada lagu di youtube bisa kamu lakukan setelah mendownload lagu di platform youtube dan bisa mengeditnya dengan mudah menggunakan aplikasi maupun secara online.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *