10 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di HP

by -7 views

Pernah upload foto tetapi gagal? Mengecilkan ukurannya tetapi resolusinya juga ikut mengecil? Saatnya kamu harus tahu 10 cara mengecilkan ukuran foto di hp tanpa menurunkan kualitas foto. Foto merupakan sesuatu yang penting bagi setiap orang. Foto bisa menunjukkan identitas seseorang dan sebagai media konfirmasi. Hampir semua platform media membutuhkan foto baik foto formal maupun non formal. Foto non formal biasanya dibagikan melalui akun-akun media sosial seperti Facebook, Instragram, Twitter hingga WhatsApp. Sedangkan foto formal biasanya digunakan untuk kegiatan lain seperti mengisi form atau dokumen pendidikan, melamar kerja atau yang lainnya. Tidak jarang pula form atau dokumen tersebut harus diisi secara online, sehingga foto atau gambar yang diupload harus memenuhi standar yang diminta dengan ukuran yang tidak melebihi batas maksimal.

Kamu bisa memperkecil ukuran foto dengan meng­-crop foto. Tapi tentu saja akan menghilangkan bagian foto itu sendiri. Cara memperkecil ukuran file foto juga bisa mengurangi resolusi foto sehingga ketajaman dan kualitas foto berkurang. Untuk itu akan dibahas beberapa cara memperkecil ukuran foto di android dengan tetap mempertahankan kualitas dan resolusi foto yang baik.

Cara Memperkecil Ukuran Foto di HP Melalui Situs Webcara memperkecil ukuran foto di hp melalui situs web

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara mengecilkan ukuran foto di hp tanpa harus menginstall aplikasi. Sekarang sudah banyak situs web yang menyediakan fitur untuk mengecilkan foto dengan tetap mempertahankan kualitasnya. Sehingga kamu tetap bisa memiliki foto yang terbaik dengan ukuran yang lebih kecil. Berikut beberapa cara mengecilkan file foto melalui situs web:

  1. Reseizeimage.net

Salah satu situs web yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan memori foto terbaik yaitu Reseizeimage.net. Kamu bisa mengakses situs ini kapan saja dan dimana saja baik menggunakan laptop/PC maupun android.

  1. compressjpeg.com

Cara mengecilkan memori foto melalui situs compressjpeg.com yaitu dengan memilih foto dengan klik “Select” atau menyeret gambar dari folder ke kotak atau area yang ditunjukkan. Kamu bisa memperkecil ukuran 20 foto sekaligus melalui situs ini.

  1. TinyJPG.com

Kamu bisa mengecilkan ukuran foto tanpa aplikasi dengan cara mengubah ukuran foto menjadi 500kb melalui TinyJPG.com. Kamu bisa mengecilkan ukuran fotomu dalam format JPG atau PNG. Caranya juga sangat mudah, cukup seret foto pada kotak bertuliskan “Drop your .png or .jpg files here!”. Kemudian akan muncul bar berisi progress pengecilan foto. Kamu bisa langsung mendownload semua foto atau menyimpannya di Dropbox.

  1. Kraken.io

Kamu bisa memperkecil ukuran foto dengan mudah melalui situs Kraken.io. Bahkan kamu bisa memperkecil beberapa foto sekaligus. Selain itu, situs ini juga mendukung untuk memperkecil foto dengan berbagai format seperti JPG, JPEG, GIF, PNG, SIV dan yang lainnya dengan tetap mempertahankan kualitas foto.

  1. Toolur.com

Situs web yang juga bisa digunakan sebagai cara kompres foto di hp yaitu Toolur.com. Caranya adalah dengan mengunjungi situs http://compressimage.toolur.com/. Kemudian pilih menu “Upload Images” untuk memilih foto mana yang ingin diperkecil. Fitur menarik dari Toolur.com adalah kamu bisa mengatur kualitas foto hasil koompres secara manual. Seperti berapa persen kualitas foto yang ingin dihasilkan serta metode kompres.

Kamu bisa mengakses situs web tersebut untuk memperkecil ukuran foto baik di laptop/PC maupun android.

Baca juga : Cara Membuat Word Ke PDF Tanpa Aplikasi Serta Keunggulannya

Cara Memperkecil Ukuran Foto Melalui Aplikasicara memperkecil ukuran foto melalui aplikasi

Selain cara mengecilkan ukuran foto di hp secara online, kamu juga bisa mencoba cara mengecilkan size foto secara offline menggunakan aplikasi android. Selain mudah dan praktis, kamu bisa mengecilkan beberapa foto sekaligus. Selain itu, kamu juga bisa langsung membagikan hasil foto yang telah diperkecil ukurannya ke media sosial, lewat bluetooth maupun email. Berikut ini rekomendasi aplikasi android yang bisa digunakan sebagai cara mengubah ukuran foto:

  1. Photo Compress and Resize

Aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto yang peratma adalah Photo Compress and Resize yang dibuat oleh Lit Photo. Aplikasi ini sangat kecil hanya berukuran 3.0 MB tetapi telah mendapatkan rating 4.6/5.0 di Google Play Store. Aplikasi Photo Compress and Resize memiliki logo berupa bulu berwarna putih dengan latar biru tosca. Tampilannya yang sederhana dan menarik membuat aplikasi ini disukai dan digunakan oleh lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia. Cara compress foto menggunakan apllikasi ini yaitu dengan memilih menu “Compress Photos”. Kamu bisa memilih lebih dari satu foto di galeri ponsel atau mengambil gambar secara langsung. Menu lainnya di aplikasi ini yaitu kamu bisa mengubah ukuran foto dan memotong foto.

  1. Auto Photo Compress

Salah satu keunggulan dari aplikasi Auto Photo Compress adalah semua hasil foto yang telah dikecilkan atau foto original akan disimpan pada penyimpanan awan (Cloud Drive). Proses penyimpanan tersebut dilakukan secara otomatis dan aplikasi akan mendeteksi setiap foto baru kemudian menyimpannya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan data. Aplikasi ini bahkan mendapatkan rating sempurna 5.0/5.0 di Google Play Store oleh lebih dari seribu orang. Cara mengubah ukuran foto menjadi 300 kb juga dapat dilakukan secara otomatis dengan pendeteksi oleh aplikasi. Sehingga kamu tidak perlu repot memilih atau memasukkan foto. Tentunya kualitas dari foto asli tidak akan berkurang.

  1. Compress Photo Puma

Aplikasi yang dikembangkan oleh Farluner apps and games ini telah memiliki rating 4.7/5.0 di Google Play Store. Terdapat tiga mode untuk cara memperkecil mb foto menggunakan aplikasi ini. Pertama yaitu “Auto” untuk kamu yang ingin memperkecil ukuran banyak foto sekaligus, bahkan 50 foto dalam satu email. Sedangkan cara mengubah ukuran foto menjadi 300kb menggunakan Compress Photo Puma adalah dengan memilih mode “File Size”. Kamu bisa memasukan ukuran hasil foto secara spesifik. Terakhir adalah “Resolution and Quality” untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil foto dengan mengecilkan resolusi secara spesifik tetapi ingin tetap mempertahankan kualitas foto.

  1. QReduce Lite

Aplikasi QReduce memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu 2.3 MB, sehingga tidak akan memakan memori ponselmu. Aplikasi ini dikembangkan oleh Mobso Apps dan telah digunakan oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia. Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 300 kb menggunakan QReduce Lite adalah dengan klik “Choose Photos”. Kamu juga bisa memasukan ukuran foto yang diperkecil secara spesifik. Kemudian klik “Start” untuk mulai memperkecil.

  1. Video and Photo Compress and Photo Editor

Aplikasi yang hanya berukuran 8.8 MB ini dapat digunakan untuk memperkecil ukuran foto maupun video. Cara mengecilkan resolusi foto menggunakan aplikasi ini yaitu dengan memilih menu “Image Compress”. Bahkan kamu bisa mengecilkan banyak foto sekaligus dalam satu album dengan menu “Album Compress”. Fitur lainnya yang ada di dalam aplikasi yaitu Video Compress, Video Cutter, Audio Cutter, Video to Audio, Image Zoom dan Image Crop.

Kamu tidak perlu lagi memindahkan foto dari hp ke laptop/PC karena sekarang kamu sudah tahu cara mengecilkan ukuran foto di hp dengan mudah menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.

About Author: Eko Wibowo

Gravatar Image
Pecinta kopi dan travelling. Menyukai hobi yang menantang seperti mendaki gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *