10 Aplikasi Silsilah Keluarga di HP dan PC, Online/Offline!

by Ihsan
10 Aplikasi Silsilah Keluarga di HP dan PC, Online/Offline!

Catat garis keturunan Anda lewat aplikasi silsilah keluarga. Pastikan semua orang di keluarga besar tercatat dan pohon keluarganya terbentuk sempurna.

Aplikasi-aplikasi ini bisa dipasang di HP, bisa juga di PC. Anda dapat menggunakannya secara online maupun offline, dengan atau tanpa membuat akun terlebih dulu.

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan beberapa opsi aplikasinya. Silakan pilih mana yang sesuai dengan kriteria Anda untuk membuat pohon keluarga.

5 Aplikasi silsilah keluarga di HP

 aplikasi silsilah keluarga di hp

Berikut ini disajikan beberapa cara membuat pohon keluarga melalui aplikasi yang ada di HP:

Quick Family Tree

Aplikasi pertama yang dapat digunakan adalah Quick Family Tree. Dengan jumlah total unduhan lebih dari 100 ribu kali, apk ini saat ini sudah mendapatkan bintang 3,8 dari 5 dengan total ulasan lebih dari 2 ribu.

Banyak sekali pengguna yang puas karena kesederhanaan dan kemudahan pemakaian aplikasinya. Dengan aplikasi ini, proses pembuatan dan penyimpanan hubungan darah dalam sebuah keluarga besar dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Untuk menggunakannya, Anda tak perlu membuat akun terlebih dahulu. Begitu Quick Family Tree terpasang di android, maka saat itu juga Anda sudah mulai bisa membuka dan mengoperasikannya.

Apk ini dapat digunakan baik secara online maupun offline sebab datanya sudah terestore di HP di mana dia dipasang.

Sayangnya, file export FTZ-nya kadang tidak bisa dibuka di HP lain. Bagi sebagian orang, ukuran gambarnya juga relatif kecil. Meski begitu, dengan segala kemudahannya, rasanya Quick Family Tree yang berukuran 39 MB ini layak untuk direkomendasikan.

Silsilah Keluarga – Mendata Saudara Secara Online

Saat ini, aplikasi Silsilah Keluarga sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 ribu kali dengan perolehan bintang 4,1 dari 5. Total ulasannya adalah sebanyak 250.

Aplikasi berukuran 13 MB ini memungkinkan Anda untuk mencatat secara lengkap silsilah keluarga. Mulai dari nama lengkap, pasangan, alamat, nomor telepon, tanggal wafat, jenis kelamin, foto keluarga, dll.

Apk ini dilengkapi dengan fitur pencarian saudara, laporan jumlah turunan, jumlah anak, hingga acara keluarga.

Yang menarik, buku keluarganya dapat dicetak dalam versi PDF. Jadi, dapat dibuka di mana saja dan kapan saja. Anda pun bisa menyimpan hasil pencatatan secara online.

Ancestry – Family History

Sudah diunduh lebih dari 5 juta kali dengan perolehan bintang 4,3 dari 5. Ancestry membuktikan diri sebagai aplikasi silsilah keluarga yang dapat diandalkan. Apalagi jumlah pengguna yang mengulasnya sudah mencapai lebih dari 85 ribu orang.

aplikasi silsilah keluarga di hp ancestry

Selain bisa diakses melalui aplikasi di HP, Ancestry juga dapat dibuka melalui situs web di Ancestry.com. Jadi, pengguna lebih leluasa untuk membuat pohon keluarganya.

Jika memasangnya di HP, silakan siapkan ruang sebesar 54 MB dengan fitur-fitur menarik, di antaranya adalah penemuan siapa diri Anda melalui foto, dokumen, dan cerita sejarah. Anda juga bisa menggunakan tes DNA versi Ancestry.

My Heritage – Family Tree, DNA & Ancestry Search

Opsi aplikasi silsilah keluarga berikutnya adalah My Heritage. Apk ini sudah mendapatkan 64 ribu ulasan dengan bintang 4,2 dari 5. Jumlah unduhannya sudah lebih dari 1 juta kali.

Apk berukuran 37 MB ini bisa dipakai untuk membuat pohon keluarga sekaligus mengungkap asal-usul atau keturunan Anda.

Untuk membuat pohon, Anda tinggal mengisi atau mencatat orang tua, kakek, nenek, atau kerabat lainnya.

Sayangnya, untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mendaftar atau login dulu. Selain ada versi di HP, aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk software yang dapat digunakan di PC.

Jika Anda mencari Apk yang mudah digunakan, maka aplikasi ini adalah salah satunya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memasangnya di android.

Family Tree Creator

Selanjutnya, ada Family Tree Creator. Sebuah Apk yang sudah diunduh 100 ribu kali dengan ulasan sebanyak lebih dari seribu dengan total perolehan bintang sebanyak 4,1 dari 5.

Bagi beberapa pengguna yang memberikan ulasan, keunikan Family Tree Creator ini terletak pada tampilan foto yang menarik, berukuran besar dan jelas, serta dapat dikirim dalam bentuk PDF.

Selain dapat disimpan dalam bentuk PDF, Anda juga bisa menyimpan dan membagikannya dalam bentuk file foto PNG. Jadi, mudah dan kompatibel dengan berbagai perangkat.

Itulah 5 aplikasi silsilah keluarga yang dapat dipasang di HP. Sama dengan aplikasi pembuat DJ, apk di atas juga dapat diunduh di Play Store.

5 Aplikasi untuk membuat pohon silsilah keluarga di laptop / PC

aplikasi untuk membuat pohon silsilah keluarga di laptop pc

Lima aplikasi di atas merupakan pilihan buat Anda yang suka membuat family tree melalui HP. Nah, jika mau membuatnya di PC agar tampilannya luas, berikut ini beberapa pilihan software-nya untuk Anda:

Family Historian 6

Family Hostorian 6 dapat langsung diunduh di laman www.family-historian.co.uk. Software ini memiliki kelebihan seperti tampilan yang sederhana dan pembuatan pohon keluarganya sangat mudah.

Dalam memasukkan detail mengenai seseorang, hanya dibutuhkan beberapa langkah saja. Artinya, proses pembuatan pohonnya bisa sangat cepat.

Tampilan datanya adalah field yang memanjang secara vertikal. Anda bisa mengubah tampilannya lengkap dengan detail masing-masing individu yang masuk dalam pohon tersebut.

Legacy Family Tree

Aplikasi silsilah keluarga di PC selanjutnya adalah Legacy Family Tree. Dengan software ini, Anda dapat memakai color coding untuk mendefinisikan ikatan atau hubungan pernikahan secara kompleks.

Selain itu, software ini juga menyediakan fitur penyimpanan dokumen identifikasi diri. Juga dapat disimpan dalam bentuk media. Jadi, sangat mudah dan komprehensif.

Gramps

Aplikasi satu ini dapat digunakan pada Linux, Mac, dan Windows. Gramps sangat kaya akan fitur yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh penggunanya.

Dengan Gramps, navigasi dan penyaringan informasi mengenai seorang individu dapat dilakukan dengan mudah. Penyaringan dan navigasi ini bisa dilakukan berdasarkan catatan, keluarga, keturunan, nama, hingga hubungannya yang paling rinci.

Anda dapat menemukan jalan kota hingga garis lintang menggunakan aplikasi ini.

Ancestral Quest

Jika merasa bahwa keluarga Anda sangat besar, maka Ancestral Quest adalah pilihan software yang paling tepat. Yang paling unik dari software ini adalah adanya tool untuk pernikahan poligami atau hubungan lainnya.

Tool tersebut bernama ditto.

Jadi, saat ada poligami atau hubungan lainnya dalam keluarga, tool ini dapat menghubungkan saudara-saudara ke satu individu tertentu.

Dengan tool ini, Anda akan dapat menemukan saudara tiri atau saudara sebapak dengan mudah.

Antarmuka Ancestral Quest ini sangat rapi dan garis-garis keluarganya memiliki warna yang berbeda untuk membedakan sebuah hubungan.

ScionPC

Aplikasi geneologi ini gratis. Tampilannya sangat modern dan mudah diaplikasikan. ScionPC dapat dipakai oleh pemula dan mereka yang sudah profesional.

Aplikasinya sangat sederhana, namun informasi yang ditampilkan sangat jelas atau detail. Data yang ditampilkan pada pohonnya juga komprehensif atau runut.

Yang paling menarik dan menguntungkan dari aplikasi ini adalah kemudahannya untuk disimpan di flash disk atau drive eksternal.

Itulah beberapa aplikasi silsilah keluarga yang dapat dipasang dan digunakan di HP dan PC. Silakan pilih salah satu atau lebih untuk membuat pohon keluarga. Gunakan apk yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Related Posts

Leave a Comment

%d bloggers like this: